Pertama kali Di Indonesia, Anis Baswedan Resmikan Sekolah Net Zero Carbon

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

JAKARTA (SurabayaPostNews) — Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan Sekolah Net Zero Carbon, sebuha sekolah dengan bangunan hemat energi saat beroperasi dan sebagian besar kebutuhan energinya dipasok dari sumber energi terbarukan. Sehingga, secara emisi karbon yang dihasilkan sangat minim.

Peresmian empat Sekolah Net Zero Carbon dan green building sebagai pilot project, yakni SDN Duren Sawit 14, Jakarta Timur; SDN Grogol Selatan 09, Jakarta Selatan; SDN Ragunan 08 Pagi, 09 Pagi, 11 Petang, Jakarta Selatan; dan SMAN 96 Jakarta, Jakarta Barat.

Sekolah berkonsep Net Zero Carbon ini merupakan yang pertama kalinya di Indonesia. Anis dalam twitternya menyatakan bahwa jakarta telah menorehkan sejarah dengan konsep sekolah ini.

“Hari ini kita turut menjadi saksi peristiwa bersejarah bahwa hari ini kita di Jakarta resmi menjadi tempat pertama sekolah negeri yang mengusung konsep green building dan net zero emissions,” ucap Gubernur Anies.

Gubernur Anies menyampaikan bahwa bangunan sekolah merupakan bangunan yang paling banyak dimiliki oleh pemerintah. Sedangkan, berbicara tentang emisi karbon global, bangunan berkontribusi sebesar 39% emisi karbon global dan mengkonsumsi 36% dari total energi global.

“Jadi, bangunan itu adalah kontributor terbesar. Kita seringkali kalau melihat dekarbonisasi yang dipandang adalah kendaraan bermotor saja, tidak, sesungguhnya bangunan itu menyedot energi 36% kontribusi kepada emisi karbon global 39%,” paparnya.

Sekolah merupakan bangunan pertama yang dibidik Anis Baswedan dalam menerapkan konsep bangunan Net Zero Carbon.

“Bila kita tidak mengkoreksi bangunan-bangunan, terutama di perkotaan, maka kualitas udara di tempat ini akan selalu menghadapi masalah. Karena itu, mengapa kita harus menuju pada green building dan kita mulai dari sekolah-sekolah kita,” tandanya.

Anies menegaskan bahwa sebuah bangunan yang diberi label sekolah merupakan tempat interaksi peserta didik, pendidik dan juga orang tua. Apabila bangunan sekolah ini dirancang dengan benar, maka akan membuat proses pembelajaran itu berjalan dengan jauh lebih baik dan menyenangkan. @ *

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.