Cara Diet Mudah dan Sehat Agar Tubuh Tetap Langsing setelah Lebaran

Berikut cara melakukan diet mudah dan sehat melansir sejumlah laman kesehatan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

SURABAYAPOSTNEWS.COM – Setelah merayakan Lebaran, tak jarang tubuh kelebihan asupan makanan sehingga mengakibatkan berat badan naik. Namun, jangan khawatir, karena hal tersebut bisa diatasi.

Dengan melakukan diet tepat dan sehat, Anda dapat melunturkan lemak pada tubuh sehingga kembali langsing.  Berikut cara melakukan diet mudah dan sehat melansir sejumlah laman kesehatan.

Menghitung BMI

Body Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh merupakan perhitungan untuk menentukan berat badan ideal Anda. Umumnya, orang yang berada dalam kategori obesitas perlu menurunkan 5-10% berat awalnya.

BMI setiap orang dapat berbeda-beda. Adapun cara menghitungnya yakni menggunakan rumus membagi berat badan (kg) dengan tinggi badan kuadrat (m). Contohnya, seseorang memiliki berat badan 80 kilogram dan tinggi 1,75 m (175 centimeter).

Maka, kuadratkan tinggi badan, yakni 1,75 x 1,75 = 3,06.

80/3,06= 26,1

Lalu, bandingkan angka BMI Anda (26,1) dengan kategori berat badan berikut:

  • Di bawah 18,5 = Berat badan kurang
  • 18,5 – 22,9 = Berat badan normal
  • 23 – 29,9 = Berat badan berlebih (kecenderungan obesitas)
  • 30 ke atas = obesitas

Menghitung Asupan Kalori

Yang tak kalah penting yakni mengetahui berapa jumlah kalori yang masuk dalam tubuh. Untuk mengetahuinya, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter, karena cara menghitung kalori harian tergantung pada usia, kondisi tubuh , berat badan, tinggi badan, hingga aktivitas harian.

Umumnya, jika ingin mengurangi berat badan, maka Anda harus mengurangi asupan kalori harian, namun dalam batas yang wajar.

Makan Makanan yang Tepat

Poin penting dalam pelaksanaan diet yakni memerhatikan makanan yang masuk dalam tubuh. Sebisa mungkin hindari makanan manis, tepung-tepungan, dan makanan yang digoreng.

Cobalah untuk mengganti makanan yang digoreng dengan cara merebus atau mengukus. Selain itu, perbanyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Jangan lupa untuk mengonsumsi air mineral setidaknya 2-3 liter setiap harinya.

Olahraga

Buatlah jadwal untuk melakukan olahraga rutin setiap minggunya. Anda dapat melakukan olahraga tiga kali dalam seminggu. Olahraga yang dianjurkan untuk menurunkan berat badan biasanya adalah olahraga dengan menggunakan beban.

Namun, jika Anda tidak memiliki peralatan yang cukup untuk melakukan olahraga beban, Anda juga bisa menggunakan beban tubuh dengan melakukan gerakan seperti, push up, skuat, dan plank.

Tidur yang Cukup

Tubuh juga membutuhkan kalori ketika kita sedang tidur. Maka dari itu, istirahat dan tidur yang cukup sangat penting saat melakukan diet.

Usahakan untuk tidur 6-8 jam setiap harinya. Kekurangan waktu tidur menyebabkan produksi hormon ghrelin yang dapat merangsang nafsu makan sehingga meningkat.

Itulah cara melakukan diet yang mudah dan sehat. Sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter maupun ahli gizi untuk menemukan cara diet yang tepat bagi tubuh Anda.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.