Gaun Termahal Bekas Marilyn Monroe Dipakai Kim Kardashian di Met Gala 2022, Tuai Kecaman

Gaun termahal di dunia bekas Marilyn Monroe dipakai Kim Kardashian di Met Gala 2022, Amerika Serikat pada (2/5/2022). Tuai kecaman

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

SURABAYAPOSTNEWS.COM – Gaun termahal di dunia bekas Marilyn Monroe mejeng di helatan Met Gala 2022, Amerika Serikat pada (2/5/2022).

Gaun bersejarah yang dijuluki ‘harta karun Amerika Serikat’ tersebut dikenakan oleh Kim Kardashian. Sayangnya, aksi itu menuai kecaman dari sejumlah pihak.

Tampak Kim Kardashian tampil dalam balutan gaun ketat berwarna lembut yang dipadukan dengan mantel bulu putih tebal.

Penampilan Kim Kardashian mengenakan gaun bekas Marilyn Monroe di Met Gala 2022

Menilik sejarahnya, gaun yang dikenakan Kim merupakan rancangan desainer kenamaan, Jean Louis. Gaun itu dilelang oleh Julien’s Auction dan terjual ke Ripley’s Believe It or Not seharga US$ 5 juta atau Rp72 miliar pada 2016 silam.

Bukan gaun sembarangan, busana bekas Marilyn Monroe tersebut dihiasi lebih dari 6.000 kristal yang dijahit dengan tangan. Untuk menjaga kondisinya agar tak semakin rapuh, gaun disimpan dalam lemari besi gelap dengan suhu 68 derajat Fahrenheit dan kelembaban 40-50 persen.

Marlyn Monroe sendiri terakhir kali mengenakan gaun itu saat menyanyikan lagu “Happy Birthday, Mr. President” untuk John F. Kennedy di Madison Square Garden pada 1962 atau 40 tahun silam.

Saat ini, harganya pun semakin tinggi, yakni bernilai lebih dari US$ 10 juta atau setara Rp144 miliar.

Tuai Kecaman

Kendati demikian, penampilan Kim Kardashian mengenakan gaun istimewa itu di Met Gala 2022 menuai pro kontra. 

Meskipun banyak yang terpesona dengan penampilannya, sejumlah pihak justru mengkritik dan mengecam keputusan Kim Kardashian untuk mengenakan gaun berhias kristal itu.

Menurut Kim, ia mengaku gaun itu tidak dapat diubah ukurannya, artinya gaun tersebut memang pas dan sesuai dengan ukuran tubuhnya.

Di lain sisi, kritik dilayangkan oleh ahli Marilyn Monroe, Michelle Morgan. Wanita yang berprofesi sebagai Ripley’s Believe It or Not! Museum mengaku menyesal mengizinkan Kim Kardashian mengenakan kostum bersejarah tersebut.

Tak hanya itu, penulis buku The Girl: Marilyn Monroe The Seven Year Itch itu juga mengaku gaun spesial itu sangat rapuh, bahkan disimpan dengan cara khusus.

“Saya sangat kecewa melihat gaun ikonik berusia 60 tahun ini dikenakan di depan umum,” kata katanya dilansir dari The New York Post, Rabu (4/4/2022).

“Tidak hanya dipakai tapi juga di lingkungan karpet merah, saat apapun bisa terjadi dengan gaun tersebut,” katanya.

Sementara itu, mantan Kepala Institut Kostum MET Gala, Sarah Scaturro turut mengecam aksi Kim Kardashian mengenakan gaun bekas Marilyn Monroe di Met Gala 2022.

“Itu adalah kostum bersejarah dan harta karun nasional Amerika Serikat,” tegasnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.