Terkait Nama PJ Walikota Batu, Ketua DPRD Kota Batu Sudah Terima Dari Kemendagri

Saat ini, belum ada nama - nama, dan isi surat tersebut, dewan harus segera memunculkan nama - nama pejabat calon Pj Wali Kota Batu mendatang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BATU (SurabayaPostNews) – Ketua DPRD Kota Batu Asmadi membenarkan surat dari Mendagri terkait menyusun nama – nama calon Pj Wali Kota Batu, periode 2022 -2024.

Hal ini disampaikan Asmadi, ketika  dikonfirmasi melalui sambungan ponsel pribadinya, Selasa (1/11/2022).

Seperti diketahui, masa bhakti Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dan Wawali Punjul Santoso akan berakhir. Demi berlangsungnya roda pemerintahan Kota Batu mendatang memerlukan melalui Pj Wali Kota.

Menurut Asmadi, kemarin malam sudah menerima surat dari Kemendagri.Meski begitu, pihaknya akan konsultasi pada Biro Surabaya.

“Saat ini, belum ada nama – nama, dan isi surat tersebut, dewan harus segera memunculkan nama – nama pejabat calon Pj Wali Kota Batu mendatang,” ungkap dia.

Ditanya nama – nama pejabat yang masuk kriteria dilingkungan Pemkot Batu siapa saja yang bakal diusulkan? menurut Asmadi  belum ada.

“Kayaknya cuma Sekda yang memenuhi, karena ini awal menerima surat dari Mendagri jadi siapa saja pejabat yang memenuhi syarat di Pemkot Batu belum mengerti,” ungkapnya.

Sesuai surat yang diterima, menurutnya sesuai dengan tahapan tahapannya akan koordinasi dengan Kementerian mekanismenya seperti apa?.

“Nanti yang diusulkan dari Kota Batu ada 3 nama, Provinsi 3 dan Pusat 3 nama total ada 9 nama.Kemudian kalau sudah menyusun pengusulan nama – nama tersebut, kita kirim ke Pemerintah Pusat.

Namun nama – nama tersebut saat ini belum ada dan segera kita koordinasikan dengan rekan – rekan dewan,” ujarnya.

Senada disampaikan Wakil Ketua II DPRD Kota Batu, Heli Suyanto ketika dikonfirmasi melalui sambungan ponselnya, Selasa,1/11/2022.

“Surat dari Mendagri sudah turun, maksimal 18 November nanti sudah ada usulan dari DPRD Kota Batu. Secara juklak dan juknisnya kami akan koordinasi pada biro hukum Provinsi  maupun pusat terkait persyaratan dan ketentuannya seperti apa,” tanya Heli.

Saat disinggung beredarnya kabar ada salahsatu pejabat Pemkot Batu yang memenuhi syarat Pj sedang di gadang – gadang DPRD Kota Batu?, Heli menampik kabar tersebut.

“Belum ada, dan kabar itu tidak benar. Cuma kalau yang masuk dalam kreteria ada beberapa di Pemkot Batu. Jadi kriteria kalau tidak salah pejabat eselon 2. Untuk di batu pejabat eselon 2 banyak.

“Ada Pak Sekda dan ada beberapa Kepala Dinas yang memenuhi syarat secara atministrasi.Kalau mengerucut salah satu nama saya tegaskan tidak ada,” tegasnya.

Lantas, tegas dia, nanti melalui Mendagri DPRD ini hanya mengusulkan saja tiga nama dari Kota, Provinsi, atau Pusat, dan dari daerah lainpun juga bisa.

Ditanya Pj nanti seperti apa yang diharap DPRD?, menurut Heli, pertama bisa memperbaiki kinerja Pemerintah Batu, dan yang bisa membuat perubahan –  perubahan pembangunan di Kota Wisata Batu.

“Karena Pj nanti, waktunya  lumayan lama dan masuk dua kali penganggaran.Sehingga Pj nanti bisa mengerti bagaimana kondisi Kota Batu, terutama terkait birokrasi. Bulan ini harapan kami DPRD sudah melakukan langkah tepat dan cermat,” lanjutnya.

Segera bisa mengusulkan nama – nama calon Pj Wali Kota. Ketika ditanya yang punya kewenangan mengangkat Pj tersebut?

“Berdasarkan pengalaman yang terjadi
di DKI Jakarta, nama – nama yang diusulkan DPRD akan lebih diperhatikan.

“DPRD ini, secara otomatis perwakilan masyarakat Kota Batu, dan yang bersinggungan langsung dengan masyarakat dan pemerintah.

“Jadi kita harap Pj nanti yang terbaik dan berpengalaman bisa mengayomi semuanya bagi masyarakat maupun pemerintahan, pokonya yang bisa mengayomi semua,” harap Heli. (gus)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.