5 Buah yang Baik untuk Menu Berbuka Puasa Selain Kurma, Kaya Manfaat dan Nutrisi

Selain kurma, lima buah berikut juga baik dikonsumsi saat berbuka puasa

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

SURABAYAPOSTNEWS.COM – Berbuka puasa dengan kurma merupakan anjuran Rasulullah SAW. Bukan tanpa alasan, kurma mengandung segudang nutrisi yang baik dikonsumsi setelah berpuasa seharian.

Melansir sejumlah artikel kesehatan, kurma mengandung tinggi serat, protein, dan mineral. Tidak hanya itu, kandungan kalori pada kurma juga dapat dengan cepat mengembalikan energi dalam tubuh.

Menurut anjuran Rasulullah SAW, baiknya mengonsumsi 1-3 butir kurma dan segelas air mineral saat berbuka. Namun, jika Anda sedang kehabisan stok kurma di rumah, Anda juga boleh menggantikannya dengan buah-buahan lainnya.

Berikut lima buah yang mengandung tinggi nutrisi dan baik dikonsumsi saat berbuka puasa.

  • Alpukat

Buah berwarna hijau ini tinggi akan kandungan karbohidrat. Selain itu, alpukat juga mengandung lemak sehat sehingga baik untuk tubuh. Kandungan lainnya yakni tinggi serat, kalium, dan magnesium.

Alpukat dapat dikonsumsi secara langsung maupun diolah terlebih dahulu. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara dijus atau dibuat es buah. Mengonusmsi alpukat secara rutin dapat membantu memulihkan energi secara cepat.

  • Nanas

Nanas juga menjadi buah yang cocok dikonsumsi untuk berbuka puasa. Nanas mengandung berbagai jenis mineral dan antioksidan. Dua kandungan tersebut berperan penting untuk meningkatkan daya tubuh.

Rasa nanas yang segar juga sangat cocok untuk disantap saat berbuka. Selain itu, harga nanas juga relatif murah dan mudah didapat,

  • Pepaya

Buah selanjutnya yang cocok dimakan saat berbuka yakni pepaya. Rasa yang manis membuat nanas banyak digemari oleh masyarakat. Selain itu, pepaya juga mengandung nutrisi baik bagi tubuh.

Pepaya memberikan asupan vitamin A, vitamin C, dan antioksidan bagi tubuh. Pepaya juga tinggi serat dan bisa membantu Anda melancarkan pencernaan. Bukan rahasia umum jika pepaya dapat mengatasi susah buang air besar (BAB).

  • Semangka

Semangka merupakan buah-buahan yang kaya air, sehingga cocok dikonsumsi saat berbuka puasa karena dapat dengan cepat menuntaskan dahaga. Semangka mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat mengembalikan keseimbangan elektrolit.

Tak perlu susah payah mengolah semangka, karena buah yang satu ini tetap terasa segar meskipun langsung dikonsumsi. Selain itu, harga semangka juga relatif murah untuk dinikmati bersama keluarga.

  • Pisang

Pisang menjadi salah satu buah yang baik dikonsumsi saat sarapan. Hal itu karena pisang merupakan sumber energi dan mineral, terutama kalium. Mengonsumsi pisang dapat membantuh memulihkan energi secara cepat setelah berpuasa seharian.

Pisang juga membantu menyeimbangkan elektrolit yang mungkin berubah saat berupasa. Namun, perlu diingat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan, karena tidak dianjurkan.

Itulah lima buah-buahan yang baik dikonsumsi saat berbuka. Mengonsumsi makanan bernutrisi dapat membantu Anda menjadi pribadi yang lebih sehat. Namun, ada baiknya tidak mengonsumsinya secara berlebihan, karena segala sesuatu yang berlebihan tidak dianjurkan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

1 Comment
  1. […] 5 Buah yang Baik untuk Menu Berbuka Puasa Selain Kurma, Kaya Manfaat dan Nutrisi […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.