Daftar 5 Makanan Buka Puasa yang Baik Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Simak menu buka puasa yang baik dikonsumsi bagi penderita asam lambung agar perut tak nyeri.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

SURABAYAPOSTNEWS.COM – Bagi penderita asam lambung, memilih dan memilah makanan untuk berbuka puasa menjadi hal yang sangat penting. Jika salah, bisa-bisa asam lambung naik dan menyebabkan nyeri di ulu hati.

Terdapat sejumlah makanan berbuka puasa yang aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung. Makanan berikut ini tidak memicu asam lambung naik, bahkan kaya akan nutrisi sehingga baik untuk pencernaan. Berikut ulasan selengkapnya.

4 Tips Puasa untuk Penderita Asam Lambung sesuai Anjuran Dokter

Kurma

Kurma menjadi buah yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Tak perlu banyak, mengonsumsi 3 buah kurma dan segelas air mineral saat berbuka sudah dinilai cukup untuk mengisi energi.

Kurma mengandung serat tinggi sehingga baik untuk sistem pencernaan. Selain itu, kurma juga membantu mengendalikan keseimbangan asam basa dalam tubuh sehingga lambung terlindungi dari kadar keasaman berlebih. Anda dapat mengonsumsi kurma saat berbuka dan sahur.

Roti Gandum

Roti gandum juga menjadi makanan yang baik untuk dikonsumsi bagi penderita asam lambung sebagai menu berbuka puasa. Roti gandum juga tinggi akan serat dan lebih rendah gula, sehingga dapat mempertahankan kenyang lebih lama. Serat dalam roti gandum juga bermanfaat menyerap asam lambung jika mengalami kenaikan.

Mashed Potato (Kentang Tumbuk)

Kentang menjadi makanan selanjutnya yang aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung saat berbuka. Selain sebagai sumber karbohidrat, kentang juga mengandung senyawa alkalin yang membantu menetralkan asam lambung.

Anda bisa mengolah kentang dengan cara direbus atau dikukus. Agar tak bosan, Anda juga bisa menumbuknya dan memberikan sedikit bumbu sebagai perasa. Konsumsi juga dengan sayur-sayuran kaya nutrisi lainnya, seperti brokoli

5 Buah yang Baik untuk Menu Berbuka Puasa Selain Kurma, Kaya Manfaat dan Nutrisi

Oatmeal

Oatmeal kaya akan karbohidrat dan serat sehingga banyak direkomendasikan untuk dikonsumsi penderita asam lambung. Oatmeal dipercaya dapat menurunkan gejala reflux dan mengembalikannya ke kondisi semula.

Untuk menambah cita rasa oatmeal, Anda bisa menambahkannya dengan buah-buahan segar, seperti pisang dan buah berry. Namun, jangan menambahkan cokelat, karena mengandung kafein dan tidak dianjurkan untuk penderita asam lambung.

Sayur Bayam dan Nasi Tim

Kuah sayur bayam dan nasi tim juga menjadi rekomendasi menu berbuka puasa yang baik dikonsumsi penderita asam lambung. Bayam merupakan sayuran yang kaya serat dan tidak mengandung gas, sehingga tidak memicu kenaikan asam lambung.

Sedangkan nasi tim memiliki tekstur yang lembut dan lunak sehingga lebih mudah dicerna oleh lambung. Anda bisa mengombinasikannya dengan olahan tahu, tempe, telur, ikan, ataupun daging sebagai sumber protein.

Selain makan-makanan yang telah disebutkan, masih ada sejumlah makanan baik lainnya yang dapat dikonsumsi penderita asam lambung, seperti pepaya, pisang, ikan panggang, olahan daging segar, dan yoghurt. Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

1 Comment
  1. […] Daftar 5 Makanan Buka Puasa yang Baik Dikonsumsi Penderita Asam Lambung […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.