Daftar Makanan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung saat Sahur dan Buka Puasa

Daftar Makanan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung saat Sahur dan Buka Puasa

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

SURABAYAPOSTNEWS.COM – Penderita asam lambung sebaiknya memilih dan memilah makanan yang dikonsumsi untuk sahur dan berbuka puasa. Makan makanan sembarangan dapat memicu asam lambung naik dan menimbulkan rasa tak nyaman.

Terdapat sejumlah makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung saat sahur dan berbuka. Selain itu, makan makanan bernutrisi dan tepat waktu sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan dan mencegah asam lambung naik.

Daftar 5 Makanan Buka Puasa yang Baik Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Berikut daftar makanan yang sebaiknya dihindari penderita asam lambung untuk menu sahur dan berbuka puasa.

  • Minuman Berkafein

Minuman berkaifein seperti kopi, teh, susu full cream sebaiknya tak dikonsumsi penderita asam lambung. Minuman berkafein dapat memicu asam lambung naik terlebih ketika dikonsumsi saat perut kosong.

  • Makanan Berlemak/Berminyak

Secara umum, makanan berlemak memang tidak sehat jika dikonsumsi setiap hari karena dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan tidak sehat bagi jantung. Sementara itu, bagi penderita asam lambung, makanan berlemak juga tidak disarankan karena dapat memicu asam lambung naik.

  • Buah dan Sayur yang Asam

Buah-buahan asam seperti jeruk, anggur, dan tomat sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung. Buah dan sayur yang merupakan citrus bisa memicu asam lambung, terutama jika dikonsumsi saat perut kosong.

  • Bawang Putih dan Makanan Pedas

Meskipun memiliki banyak khasiat, namun bawang putih tidak dianjurkan untuk dikonsumsi penderita asam lambung, Kendati demikian, efek mengonsumsi bawang putih dapat berbeda-beda pada setiap orang.

Sementara itu, makanan pedas juga dapat memicu asam lambung. Makanan pedas dapat mengiritasi lapisan dalam kerongkonan hingga menyebabkan nyeri di ulu hati.

  • Makanan dan Minuman Bergas

Makanan bergas seperti sawi, buah nangka, kol, dan pisang sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung. Adapun jika ingin mengonsumsinya pastikan tidak dalam porsi banyak atau berlebihan.

Sementara itu, minuman bergas di antaranya adalah minuman bersoda. Bagi penderita asam lambung disarankan untuk memperbanyak minum air mineral.

Jika Anda penderita asam lambung, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Mengonsumsi makanan yang tepat saat berpuasa dapat mencegah rasa tidak nyaman akibat asam lambung naik.

4 Tips Puasa untuk Penderita Asam Lambung sesuai Anjuran Dokter

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.