4 Tips Puasa untuk Penderita Asam Lambung sesuai Anjuran Dokter

Simak 4 tips berpuasa bagi penderita asam lambung agar tetap nyaman beraktivitas.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

SURABAYAPOSTNEWS.COM – Berpuasa dapat menjadi hal yang cukup ditakuti bagi penderita asam lambung. Pasalnya, berpuasa dapat membuat perut terasa tak nyaman hingga terasa nyeri.

Kendati demikian, ada sejumlah tips yang bisa diterapkan untuk mencegah asam lambung naik. Berikut telah dirangkum sejumlah tips bagi penderita asam lambung saat menjalankan puasa Ramadan.

5 Buah yang Baik untuk Menu Berbuka Puasa Selain Kurma, Kaya Manfaat dan Nutrisi

Tidak Melewatkan Makan Sahur

Penting bagi penderita asam lambung untuk tidak melewatkan waktu sahur. Sahur bisa dianggap menjadi waktu ‘sarapan’ saat berpuasa. Adapun makanan yang dianjurkan baiknya yang tinggi protein dan serat agar perut terasa kenyang lebih lama. Makanan yang Anda konsumsi saat sahur, mencegah asam lambung naik ke tenggorokan.

Tidak Tiduran setelah Makan

Sangat tidak dianjurkan bagi penderita asam lambung untuk tiduran setelah makan sahur maupun berbuka. Idealnya disarankan menunggu sekitar 3 jam setelah makan untuk dapat kembali tidur.

Namun, jika Anda ingin kembali tidur, pastikan posisi kepala lebih tinggi daripada badan. Hal ini untuk mencegah asam lambung naik sehingga berdampak pada puasa Anda.

Makan dengan Porsi Kecil

Jika tiba waktunya berbuka, ada baiknya Anda segerakan untuk berbuka. Bagi penderita asam lambung, tidak dianjurkan untuk makan berat dan banyak sekaligus. Sebaiknya, makan buah-buahan yang danjurkan, seperti kurma, alpukat, dan pisang serta segelas air mineral.

Kemudian, tunggu beberapa saat untuk menyantap makanan berat seperti nasi dan lauk pauk. Pastikan, Anda makan makanan yang kaya nutrisi seperti protein, serat, vitamin, lemak baik, dan karbohidrat.

Selain itu, jangan makan tergesa-gesa. Nikmatilah makanan Anda secara perlahan untuk mencegah asam lambung naik.

Hindari Makanan yang Dapat Merangsang Asam Lambung

Selain sejumlah tips di atas, Anda juga harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka. Sebaiknya menghindari makanan yang dapat merangsang asam lambung naik.

Adapun makanan yang dapat menyebabkan asam lambung naik di antaranya: minuman soda, makanan pedas, makanan berlemak atau gorengan, minuman berkafein seperti kopi dan teh, serta citrus seperti jeruk.

Itulah sejumlah tips yang dapat diterapkan bagi penderita asam lambung agar tetap nyaman saat berpuasa. Namun, Anda tidak dianjurkan untuk tetap berpuasa jika merasa tak nyaman saat menjalankannya. Ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar hal-hal yang tidak diinginkan dapat dihindari.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

1 Comment
  1. […] 4 Tips Puasa untuk Penderita Asam Lambung sesuai Anjuran Dokter […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.