Lomba Desain Batik Kota Surabaya Berhadiah Puluhan Juta dan Terbuka untuk Umum, Ini Syarat dan Ketentuannya

Ikuti lomba desain batik Kota Surabaya yang berhadiah puluhan juta dan terbuka untuk umum. Cek syarat dan ketentuannya berikut ini

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

SURABAYAPOSTNEWS.COM – Pemerintah Kota Surabaya bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah Surabaya (Dekranasda Surabaya) membuka lomba desasin batik Kota Surabaya yang terbuka untuk umum. Pendaftaran dan penjaringan peserta dilakukan secara online dan tidak dipungut biaya.

Informasi tersebut disampaikan melalui akun Instagram resmi @surabaya dan @dekranasdasurabaya pada Sabtu (2/4/2022). Adapun tema yang diusung adalah ‘Spirit Budaya Arek’. Hadiah yang ditawarkan senilai puluhan juta rupiah.

“Pemerintah Kota Surabaya dan @dekranasdasurabaya ingin mengajakmu mengikuti Lomba Desain Motif Batik Surabaya dengan tema ‘Spirit Budaya Arek’,” tulis akun @surabaya.

Dilansir dari unggahan @surabaya, simak ketentuan dan timeline acara selengkapnya berikut ini.

Pendaftaran/penjaringan calon peserta

Pendaftaran dibuka mulai 3-9 April 2022 melalui laman bit.ly/lombadesainbatiksby2022 Pendaftaran lomba tidak dipungut biaya alias gratis dan terbuka untuk umum (semua kalangan).

Pengumpulan Karya

Pengumpulan karya dimulai 11 April-26 April 2022 dengan cara diserahkan atau dikirimkan ke Kantor Sekertariat Panitia di Jl. Dr. Ir. H.Soekarno No. 11 Surabaya.
Adapun jika memiliki pertanyaan dapat mengubungi panitia melalui email [email protected] atau melalui WhatsApp (WA) narahubung yang tertera.

Penilaian Lomba

Penilaian lomba dilakukan dengan mempertimbangkan aspek-aspek berikut:
1. Autentisitas
2. Kreativitas penggambaran unsur-unsur motif batik
3. Konfigurasi desain
4. Stilasi
5. Representasi makna dan nilai filosofis

Timeline Acara

  • Pendaftaran: 3-9 April 2022
  • Technical meeting: 11 April 2022 (dilakukan secara hybrid)
  • Pengumpulan karya: 11 April-26 April 2022
  • Pengumuman dan penyerahan hadiah: 31 Mei 2022 dalam rangka peringatan HUT Kota Surabaya ke-729.

Ketentuan Lomba

  1. Peserta wajib melakukan registrasi dan mengiuti technical meeting terlebih dahulu. Peserta yang melakukan registrasi di luar batas waktu pendaftaran akan didiskualifikasi.
  2. Karya yang diajukan merupakan asli ciptaan sendiri, bukan hasil plagiasi atau replikasidari karya desain motif batik pihak lain. Setiap peserta mengisi dan menandatangani “Surat Pernyataan” bermaterai sepuluh ribu.
  3. Desain motif batik yang dibuat harus merepresentasikan tema dan nilai-nilai Budaya Arek.
  4. Desain motif batik yang dibuat merupakan konfigurasi dari unsur-unsur, ornamen utama/pokok, ornamen pelengkap/tambahan, dan isen-isen.
  5. Desain motif yang dibuat merupakan gambar kerja hitam putih atau outline tanpa diwarnai. Karya boleh dibuat dengan teknik manual drawing (pensil/pen/marker/spidol) maupun digital drawing (print out).
  6. Karya dibuat pada kertas kerja ukuran A3 dengan ketentuan ukuran area gambar/area desain motif batiknya adalah 23×40 cm
  7. Setiap peserta boleh mengirimkan lebih dari satu karya. Identitaas penciptaan wajib dicantumkan pada bagian muka, isi tengah bawah. Format penulisan identitas pencipta: Nama lengkap pencipta, nama motif, tahun penciptaan.
  8. Desain motif batik yang dibuat harus dilengkapi dengan dokumen “Deskripsi karya” yang diketik pada kertas A4, meliputi: nama motif, alasan penamaan motif, paparan tentang sumber inspirasi penciptaan, dan narasi terkait makna ornamen atau nilai filosofis yang terkandung dalam desain motifnya.
  9. Karya beserta dokumen pendukungnya (Surat pernyataan dan deskripsi karya) dikirmkan:
    a. Softcopy ke email: [email protected]
    b. Hardcopy (fisik) ke alamat sekertariat panitia dan diterima panitia paling lambat tanggal 26 April 2022.
  10. Hasil karya terbaik/terpilih menjadi hak milik Pemerinta Kota Surabaya.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat melihat unggahan terkait lomba desain batik Surabaya melalui link berikut ini >> Lomba Desain Batik Surabaya 2022

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

1 Comment
  1. […] Lomba Desain Batik Kota Surabaya Berhadiah Puluhan Juta dan Terbuka untuk Umum, Ini Syarat dan Keten… […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.