Bank Jatim Kota Batu dan Kadin Gathering Sinergi Bisnis, Batasi Gerak Rentenir 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BATU (SurabayaPostNews) – Fasilitasi kredit  bunga ringan para pelaku UMKM, dan batasi gerak rentenir, Bank Jatim Batu dan Kadin gelar Gathering sinergi bisnis di Kantor Kadin Jalan Kartini,Rabu (24/4/2024).

Hadir dalam gathering tersebut sejumlah pelaku usaha dari berbagai sektor yang tergabung dalam Kadin Kota Batu.Menurut Pimpinan Pusat Bank Jatim Kota Batu, Sugi Astuti, banyak program untuk masyarakat dan pelaku usaha di Kota Wisata Batu.

“Seperti kredit kur dengan bunga 0,2 persen per bulan dan kredit jatim mikro dengan bunga 0,6 persen per bulan.Pada kesempatan Gathering Sinergi Bisnis bersama Kadin Kota Batu hari ini bisa dimanfaatkan bagi anggota untuk memperoleh informasi terkait program kredit yang ada,” paparnya.

Lantas papar dia,selain melalui kegiatan ini menjadi wadah untuk silahturahmi antara Bank Jatim dengan pelaku usaha yang tergabung dalam Kadin Kota Batu,disebutkan selain program kredit, Bank Jatim Batu juga berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Dengan membuka Kantor Fungsional Bank Jatim Cabang Pujon beberapa waktu lalu. Kantor Fungsional Bank Jatim Cabang Pujon ini untuk memperluas jenis layanan yang diberikan pada masyarakat. Sebelumnya kantor tersebut hanya dapat melayani Dana Pihak Ketiga (DPK) berupa tabungan,deposito,dan giro atau hanya dapat melayani setor dan tarik tunai,”ujarnya.

Demikian ujar dia,sekarang dapat melayani dari sisi kredit kepada masyarakat.

“Ke depan Bank Jatim Kota Batu akan bekerja sama dengan Bumdes di Kota Batu untuk menjadi agen Bank Jatim dalam pelayanan pembayaran listrik, pajak,PDAM hingga sebagai referensi pengajuan kredit,itu sebagai bentuk pemberdayaan Bumdes,”tandasnya.

Sementara itu Ketua Kadin Kota Batu ,Endro Wahyu menyebut selain membatasi gerak rentenir dan fasilitasi bungan ringan bagi pelaku UMKM dan para petani, sekaligus mendongkrak perekonomian.

“Dalam gathering ini,membahas permasalahan-permasalahan yang ada.Seperti masalah kredit dan memerangi rentenir,” katanya.

Untuk itu kata dia,Kadin bersama Bank Jatim kolaborasi dikemas dengan gathering ini,agar mensupport melalui banyak pihak yang tergabung dalam Kadin Kota Batu.

“Bisa melalui Kades,dan beberapa pihak lain agar ada penanggung jawab ketika proses kredit berlangsung.Ini semua untuk memudahkan kredit,” lanjutnya.

Ia katakan dengan berlangsung gathering ini,dari pihak pengembang,  pelaku usaha,SPI,dan pelaku – pelaku UMKM,bersama – sama bisa menegakkan laju perekonomian di Kota Batu.

“Dengan kredit bunga ringan,praktik – praktik lintah darat (rentenir) tak punya ruang,dan para pelaku UMKM fokus pada usahanya, serta konsisten mengangsur kreditnya,kami yakin sektor perekonomian masyarakat Kota Batu bakal lebih meningkat,”tutupnya .(Gus)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.