Data invalid penyaluran dana bansos Kabupaten Sumenep tertunda

data yang kami temukan itu ada sekitar 10.000 orang (penerima bansos) yang meninggal, data yang meninggal itu kan jadi tidak valid, harus dilakukan perbaikan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

SUMENEP (SurabayaPostNews) – Dana penerima Bantuan Sosial (Bansos) berupa Program Keluarga Harapan ( PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur bermasalah, Dana belum tersalurkan ke keluarga penerima manfaat (KPM).

Ini karena ada data DTKS yang ada di Kementerian Sosial (Kemensos) masih dalam masa perbaikan.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Sumenep, Zulkarnaen mengatakan, pihaknya belum menyalurkan bantuan itu karena ada data penerima yang tidak valid.

Data invalid tersebut, dikarenakan ada yang sudah meninggal, nomor induk kependudukan (NIK) tidak ada, serta beberapa hal lain.

“data yang kami temukan itu ada sekitar 10.000 orang (penerima bansos) yang meninggal, data yang meninggal itu kan jadi tidak valid, harus dilakukan perbaikan,” kata Zulkarnaen saat dihubungi, Kamis (28/7/2022).

Zulkarnaen menjelaskan, proses perbaikan DTKS akan dikebut hingga Minggu (31/7/2022) mendatang. Setalah proses perbaikan selesai, pihaknya akan langsung melakukan entri sistem ke data milik Kementerian Sosial.

“Adapun proses dalam perbaikan dan pembenahan DTKS hingga kini belum selesai, artinya masih dimungkinkan data invalid bisa bertambah,” Jelasnya.

Selanjutnya, kata Zulkarnaen, data yang sudah diperbaiki akan secepatnya dikirim ke Kemensos agar segera mendapatkan pengesahan KPM.

Setelah rampung, data yang diperbaiki akan secepatnya dikirim ke Kemensos agar segera mendapatkan pengesahan KPM. Sehingga bantuan dari pemerintah tepat sasaran.

“Mungkin awal bulan kita akan berkirim surat ke Kemensos untuk mendapatkan pengesahan,” pungkas dia.

Dengan begitu, bantuan dari pemerintah berupa Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) bisa tersalurkan dengan baik dan tepat sasaran. (Id)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.