Direktur Eksekutif  LSM RKI Menilai Giat MCP KPK ke Pemkot Batu Tak Efektif 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BATU (SurabayaPostNews) – Kayat Hariyanto, SH, MH, Direktur Eksekutif , LSM Rumah Keadilan Indonesia (RKI)  menilai giat Monitoring Center For  Prevention (MCP) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke Pemkot Batu tidak efektif.

Menurut Kayat, giat pencegahan lembaga anti rasuah tersebut, diminta  lebih baik ke penindakan daripada menjalankan giat pencegahan di Kota Batu. Penyampaian ini, menurut dia, bukan tanpa alasan.

“Pertama, KPK kerap melakukan MCP di Kota Batu, namun tidak membuahkan hasil yang baik. Contoh beberapa hari lalu beredar berita di media online, Kota Batu  di urutan teratas berpotensi adanya  dugaan korupsi, itu dibanding dari lima daerah yang tercatat di Jawa Timur,” kata Kayat, Senin (15/5/2023).

Olehkarena itu, pihaknya meminta
KPK bertindak tegas dalam penindakan daripada melakukan giat pencegahan.

“Pada sebuah berita kemarin, disebut  rekomendasi catatan BPK RI  terdapat sejumlah uang puluhan miliar rupiah agar segera dikembalikan pada Kasda (Kas Daerah),”ungkapnya.

Demikian, ungkap dia, di Kota Batu terdapat sejumlah persoalan yang tak kunjung tuntas, seperti halnya tunggakan pajak daerah yang selalu jadi catatan BPK , hingga saat ini belum jelas progresnya.

“Tunggakan pajak daerah besarannya sangat fantastis, mencapai puluhan miliar, itu  tunggakan pajak daerah  sejumlah perusahaan ternama di batu yang berjalan sukses .Termasuk sejumlah aset – aset Pemkot Batu juga belum terdata dengan jelas,” terangnya.

Untuk itu, pihaknya berharap terhadap KPK jangan hanya fokus pada pencegahan, lantaran pihaknya
menilai gagal.

“Saya rasa pencegahan itu gagal untuk Kota Batu, jadi lebih baik penindakan daripada pencegahan yang dilakuan KPK,” mintanya.

Sepeti di ketahui, giat MCP KPK yang berlangsung di Balaikota Among Tani, Lantai V, Senin (15/5/2023) berlangsung tertutup menjadi spikulasi pertanyaan banyak pihak.

Alhasil berdasarkan data yang didapat SurabayaPostNews) dari Kepala Dinas Kominfo Kota Batu, Onny Ardianto, Senin,15/5/2023, di Balaikota Among Tani,  terdapat sejumlah 17 Kepala Dinas dilingkungan Pemkot Batu yang hadir dalam giat MCP KPK tersebut, dan ini nama – nama belasan Kepala OPD yang dimaksud.

1, Kepala Badan Perencanaan Pembagunan , Penelitian dan Pengembangan, Daerah.
2, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah .
3,Kepala Badan Pendapatan Daerah.

4, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia .
5, Inspektur.
6, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.
7, Kepala Dinas Penanaman Modal  Pelayanan Terpadu Satu Pintu.
8, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman.

9, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa.
10, Kepala Dinas Kesehatan.
11, Kepala Dinas Lingkungan Hidup.
12, Kepala Dinas Perhubungan .
13, Kepala Dinas Pemberdayaan, Perempuan Perlindungan Anak , Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Batu.

14, Bagian Perekonomian dan Sumberdaya Manusia.
15, Kepala Bagian Hukum.
16, Kepala Bagian Adminitrasi Pembagunan
17, Kepala Bagian Organisasi.

Tak hanya itu, berdasarkan informasi yang didapat SurabayaPostNews, diketahui juga, sejumlah penanggung jawab perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Batu  di undangan dan membawa beberapa dokumen yang di perlukan dalam giat MCP KPK tersebut.(Gus)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.