Gelar Donor Darah Di Mall, Relawan Penggerak Donor Darah Targetkan 20 Ribu Kantong Darah Tahun 2023

Pada  tahun 2022 saat masih pandemi jumlah untuk pendonor darah meningkat , dan mendapatkan mencapai 18.000 kantong darah. Sedangkan target untuk tahun 2023 mudah-mudahan sampai 20.000 kantong darah

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

SURABAYA (SurabayaPostNews) – Memasuki Tahun Baru 2023 , Palang Merah Indonesia ( PMI) kota Surabaya, mulai gencar jemput bola menggelar kegiatan donor darah.

Relawan Penggerak donor darah Totok Soedarto kembali, menggelar kegiatan rutinitas donor darah di mall JMP Surabaya, Sabtu (7/1/2023). Kegiatan jemput bola ini, berketepatan di awal tahun 2023 untuk pertama kali, dan akan dilaksanakan dan seterusnya hingga akhir tahun 2023.

Peraih 10  Pin emas dari PMI ini mengatakan, bahwa untuk target tahun ini 2023, mudah-mudahan lebih baik dari tahun kemarin setelah lepas dari pandemi.

“Pada  tahun 2022 saat masih pandemi jumlah untuk pendonor darah meningkat , dan mendapatkan mencapai 18.000 kantong darah. Sedangkan target untuk tahun 2023 mudah-mudahan sampai 20.000 kantong darah,” Ujarnya.

Menurut Totok, untuk mencapai target, kita harus konsisten dengan istilah menjemput bola. Hal ini sudah kita lakukan dari tahun 2007, dengan tujuan dimana mereka yang berkerja di stan2/gerai Mall, tidak sempat ke PMI tapi kita hadir untuk mereka yang mau donor darah.

“Setiap hari kita jemput bola, di titik keramaian kota Surabaya. Karena setiap harinya kebutuhan untuk PMI kota Surabaya nya sendiri sekitar 350-500 kantong darah,” ungkapnya.

Sementara itu, pasca di cabutnya PPKM oleh pemerintah, Totok menyampaikan, warga yang akan melakukan donor darah tetep melaksanakan seperti biasa, mereka sudah tau datangnya dan tidak berkerumun dan menggunakan masker mungkin karena sudah terbiasa saat pandemi.

“Sedangkan syarat formulir untuk bebas covid sekarang sudah di tindakan dan dibabaskan dalam artian pendonor maupun staf  kami boleh menggunakan masker atau tidak menggunakan masker,” Jelasnya.

Asep warga asal Bandung yang merupakan salah satu pendonor darah rutin mengatakan, bahwa tujuan dan manfaat donor darah selain untuk kesahatan untuk kita juga membantu sesama yang membutuhkan tranfunsi darah. Donor darah kali ini merupakan yang ke 17 kali buat saya pribadi.

“Adanya kegiatan donor darah di mall saat akhir pekan ini sangat membatu warga yang susah datang langsung ke PMI. Karena dihari biasa kita kerja dan susah untuk datang langsung ke PMI,” Tutupnya. (Tri)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.