Kompolnas Tekankan Pimpinan Polri Perketat Pengawasan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

JAKARTA (SurabayaPostNews.Com) — Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menekankan kepada institusi Polri untuk memperkerat pengawasan supaya pelanggaran anggota yang merusak citra Korps Bhayangkara tak terulang.

Kompolnas dalam hal ini memberikan atensi khusus bagi pimpinan Polri agar tanpil gesit dalam mengawasi, mengendalikan dan membina anggotanya.

“Semakin gesit melakukan pemantauan peran pimpinan Polri untuk mengendalikan, membina dan mengawasi anggotanya,” kata anggota Kompolnas Yusuf Warsyim dalam webinar berjudul “Dari 2022, Melihat Terang Kinerja Polri 2023”, Senin (2/1).

Yusuf mengatakan transformasi Polri yang presisi salah satunya adalah transformasi pengawasan, yang mencakup tiga hal, yakni pengawasan pimpinan, pengawasan oleh sistem pengawasan, baik inspektorat pengawasan internal maupun pengawasan etika profesi oleh Propam.

Untuk pengawasan eksternal dapat dilakukan oleh Kompolnas serta pengawasan masyarakat. Namun secara hierarki, pengawasan Pimpinan lebih dapat diandalkan.

“Menurut saya, ketiga sistem pengawasan tadi baik itu pimpinan, inspektorat pengawasan, dan pengawasan eksternal Kompolnas maupun pengawasan masyarakat, sesungguhnya apabila ditempatkan secara hierarkis, tingkat yang paling teratas adalah pengawasan pimpinan,” kata Yusuf.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.