Peduli Kesehatan Lansia, Ganjar Creasi Adakan Senam Sehat dan Bagi-Bagi Jamu di Malang

Hari ini kami adakan senam lansia dan bagi-bagi jamu kepada lansia di Malang. Ini sebagai wujud kepedulian kami, sebagai generasi muda terhadap kesehatan orang tua kami

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

MALANG (SurabayaPostNews) – Generasi Alumni Muda UB-ITS-UNAIR atau Relawan Ganjar Creasi (G-Creasi) mengadakan kegiatan senam lansia dan bagi-bagi jamu kepada puluhan lansia di Jalan Panggung, Oro-Oro Dowo, Klojen Malang, Jawa Timur, Minggu (23/7/2023).

“Hari ini kami adakan senam lansia dan bagi-bagi jamu kepada lansia di Malang. Ini sebagai wujud kepedulian kami, sebagai generasi muda terhadap kesehatan orang tua kami,” kata Wakil Koordinator Wilayah G-Creasi, Anwar Sidiq.

Dia menambahkan agenda tersebut sudah dikonsolidasikan sejak jauh hari. Sebab, dirinya menilai pentingnya menanamkan pola hidup sehat melalui gerakan senam dan minum jamu sebagai minuman herbal khas Indonesia.

“Kami lakukan ini karena sosok Pak Ganjar yang menginspirasi, gemar dan sangat berolahraga. Ini menjadi contoh bagaimana pentingnya menjaga pola hidup sehat. Selain olahraga, perlu di-supply dengan asupan yang sehat, salah satunya jamu ramuan kesehatan asli Indonesia,” lanjutnya.

Menurut Sidiq, seiring bertambah usia, berpotensi besar seseorang mengalami permasalahan kesehatan akibat proses degeneratif.

Data Riset Kesehatan (Riskesdas) 2013, penyakit terbanyak pada Lansia terutama adalah penyakit tidak menular (PTM) antara lain hipertensi, osteoarthritis, masalah gigi dan mulut, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), dan diabetes mellitus (DM).

Maka dari itu, sebagai generasi muda dirinya perlu berkontribusi dalam menjaga kualitas kesehatan lansia.

“Lansia yang sehat harus diberdayakan agar dapat tetap sehat dan mandiri selama mungkin,” imbuh Sidiq.

Selain itu, kegiatan tersebut dilakukan agar para lansia bisa menyerukan pola hidup sehat kepada generasi muda Indonesia bahwa menjaga kesehatan sejak dini merupakan investasi yang berharga.

“Sehingga pada saatnya nanti setiap individu mampu menjadi lansia yang sehat, yakni Lansia yang aktif, mandiri, dan produktif,” kata Sidiq.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.