Ribuan Kader PDI Perjuangan Kota Batu Digembleng Latihan Saksi Pemilu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BATU (SurabayaPostNews) — DPC PDI Perjuangan Kota Batu melatih ribuan kader sebagai saksi Pemilu 2024 di Wisma Perjuangan DPD PDI Perjuangan Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, pada Jumat (19/1/2024).

Persiapan para saksi dalam Pilpres 2024 diikuti oleh 1.222 orang, yang akan ditempatkan pada 611 TPS yang tersebar di Kota Batu. Ini bertujuan membekali wawasan para saksi partai berlambang Kepala Banteng Moncong Putih.

Pembekalan wawasan bagi para saksi ini dijadwalkan selama empat hari.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Batu, Saifudin Zuhri, SH, mengatakan, saksi merupakan ujung tombak partai. Untuk itu mereka diberikan pembekalan awal supaya memahami fungsi dan tugas pokok saksi. 

“Kegiatan ini harus dilaksanakan betul-betul dan sungguh-sungguh dengan diikuti oleh seluruh saksi. Tujuannya agar saksi kita ke depannya tahu akan tugas pokok dan fungsinya itu apa,” kata Saifudin.

Caleg DPRD Provinsi Jawa Timur Dapil Malang Raya, Saifudin Zuhri, juga menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh ratusan peserta saksi dari jajaran DPC dan PAC PDI Perjuangan se-Kota Batu.

“DPC PDI Perjuangan Kota Batu memandang kehadiran saksi sebagai kunci utama dalam pengamanan suara partai di tingkat TPS. Untuk itu, saksi daerah harus memiliki kompetensi dan pemahaman terkait dengan proses kepemiluan,” paparnya.

Dia menyebut bahwa sudah disiapkan dua orang saksi per TPS dari 611 TPS di Kota Batu.

“InsyaAllah setiap TPS nantinya ada dua orang saksi dari PDI Perjuangan. Selain itu, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk mengawal agar Pemilu 2024 dapat berjalan dengan lancar, jujur, dan adil,” harapnya.

Ketua DPRD Kota Batu dan Caleg DPRD Kota Batu PDI Perjuangan, Asmadi, SP, mengatakan bahwa seluruh personil partai harus siap menjelang Pemilu 2024 untuk mewujudkan kemenangan hattrick pada 2024. “Bagi para saksi yang ada di sini harus bisa dengan baik menyerap ilmu selama empat hari. Waktu kita sudah tidak panjang, persiapan kita menjelang Pemilu 2024 tinggal sebentar lagi. Maka persiapkanlah dengan sebaik-baiknya dan serius,” pintanya.

Politisi PDI Perjuangan ini menekankan bahwa dalam melaksanakan tugas, saksi tidak bisa bekerja sendirian. “Kita bekerja bersama-sama dalam koridor struktural partai. Sehingga pelibatan unsur struktural partai sangat penting untuk bersama dengan personil saksi kita bisa menuju kemenangan di tahun 2024,” ungkapnya.

Asmadi berharap agar seluruh saksi PDI Perjuangan benar-benar handal dalam menegakkan kebenaran. “Jika ada kecurangan, paling tidak menjadi garda terdepan untuk meluruskan. Jadi, dalam pelatihan Saksi Pemilu 2024 ini, yang dilatih adalah pejuang-pejuang yang tangguh. Namun, yang tidak kalah penting juga harus mengerti aturan,” tegasnya.

Selama pelaksanaan PPSD selama empat hari di Wisma Perjuangan DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, kegiatan Pelatihan Saksi Pemilu 2024 diselenggarakan sesuai dengan pedoman dan materi pokok yang telah disusun oleh BSPN Pusat PDI Perjuangan. “Semua berharap kepada para saksi agar dapat menyerap ilmu sekaligus juga dapat menambah wawasan. Berkaitan kalau ada temuan kecurangan, nantinya dapat langsung segera dilaporkan bersama,” ujarnya.

Sebagai informasi, BSPN PDI Perjuangan Jawa Timur merupakan tindak lanjut dari tugas BSPN dalam mewujudkan kemenangan hattrick pada Pemilu 2024, sebagaimana amanah dalam Kongres V. “BSPN dari tingkatan pusat, daerah, dan cabang diwajibkan menjalankan tugas dan kerja-kerja kepartaian untuk melakukan pengorganisasian terhadap Regu Penggerak Pemilih (Guraklih) dan saksi partai,” tutupnya. (Gus)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.