Rumah Warga Kecamatan Satui Terendam, Tagana Buka Dapur Umum

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tanah Bumbu (SurabayaPostNews) – Tingginya intensitas hujan yang mengguyur Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan, membuat air Sungai Satui meluap dan membanjiri sejumlah rumah warga Kecamatan Satui, Sabtu pagi (14/8).

Sampai saat ini, ketinggian air sudah sekitar 1 meter, sehingga jalan poros desa juga sudah ikut terendam. Begitu juga sebagian rumah warga Kecamatan Satui di 5 Desa terdampak diantaranya Desa Sinar Bulan 123 KK 492 jiwa, Desa Sungai Danau 145 kk 580 jiwa, Desa Jombang 162 KK 648 jiwa, Desa Satui Timur 131 KK 524 jiwa, Desa Sejahtera Mulia 38 KK 152 jiwa, sehingga sebagian warga yang terdampak banjir sudah mengungsi untuk sementara waktu.

Melihat kondisi tersebut, Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan bersama Taruna Siaga Bencana (Tagana) langsung mendirikan Dapur Umum untuk memenuhi kebutuhan dasar warga yang mengungsi.

Menurut Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan, Achmadi menjelaskan, lokasi pengungsian di siapkan 3 titik yaitu SMPN 4 Santui, Gedung Serba Guna Sei Danau dan Kantor Desa Sejahtera Mulia.

“Saat ini Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan bersama Tagana berkolaborasi dengan TNI akan mendirikan dapur umum lapangan di Kantor Koramil 1022 / Tanah Bumbu untuk membantu dan melayani para penyintas sebanyak 850 Jiwa,” ungkap Achmadi.

Ditempat terpisah, Ketua Forum Koordinasi Tagana Provinsi Kalimantan Selatan, I Made Oka mengatakan, “Kondisi saat ini banjir sudah mulai surut di beberapa titik dan masyarakat mulai membersihkan sisa kotoran lumpur yang mengendap di rumahnya, mudah mudahan tidak ada hujan di hari ini.” *(Kresno)*

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.