Uji Ketahanan Fisik Personil, Polres Batu Perintahkan Semua Anggota Ikut TKJ

Untuk peserta TKJ, dilihat dari faktor usia, dibedakan menjadi 4 golongan, yakni golongan 1 untuk peserta dengan usia 18 - 30 tahun, golongan 2 untuk peserta dengan usia 31 - 40 tahun, golongan 3 peserta dengan usia 41-50 tahun dan golongan 4  peserta usia 51 - 58 tahun

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BATU (SurabayaPostNews) – Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin, perintahkan kepada semua anggota Polres untuk mengikuti tes kesehatan jasmani (TKJ) setiap 6 bulan sekali, Sabtu (13/8/2022).

Itu, dilakukan dengan harapan mengetahui sejauh mana tingkat kesehatan dan kondisi fisik personil Polres, melibatkan seluruh anggota dan Pegawai Negeri Sipil (ASN) Polres Batu.

Menindaklanjuti perintah Kapolres Batu, PS Kasubbag Watpers Polres Iptu Soleh Hariyanto menerbitkan, surat perintah kepada seluruh anggota Polres Batu agar melaksanakan TKJ sejak 10 sampai 13 Agustus 2022.

Untuk peserta TKJ, dilihat dari faktor usia, dibedakan menjadi 4 golongan, yakni golongan 1 untuk peserta dengan usia 18 – 30 tahun, golongan 2 untuk peserta dengan usia 31 – 40 tahun, golongan 3 peserta dengan usia 41-50 tahun dan golongan 4  peserta usia 51 – 58 tahun.

Sebelum melaksanakan tes, peserta TKJ terlebih dahulu melaksanakan tensi dan mengisi formulir TKJ sesuai dengan golongan yang telah ditentukan.

Mereka diwajibkan untuk mengikuti tes kesehatan oleh Paurkes Polres Batu. Ketika dinyatakan lolos, tes kesehatan anggota calon peserta diberikan nomer peserta tanda untuk persiapan mengikuti giat TKJ.

Adapun beberapa tes yang dilaksanakan, mulai dari lari sprint 12 menit, push up maksimal 1 menit, pull up maksimal 1 menit, sit up maksimal 1 menit dan shuttle run dengan jarak 6 X10 meter.

Komponen yang diukur dalam kesamaptaan jasmani lari selama 12 menit, adalah daya tahan otot (Muscle Endurance) dan cardio respriratory (meliputi daya tahan jantung, pernafasan dan peredaran darah).

Sedangkan dalam kesampataan jasmani untuk push up, pull up, sit up dan shuttle run yang diukur adalah kekuatan dan daya tahan lengan bagian dalam (untuk pull up/chinning), kekuatan dan daya tahan serta fleksibilitas otot perut (untuk sit up), kekuatan dana daya tahan otot lengan bagian luar (untuk push up) serta kecepatan, kelincahan dan keseimbangan tubuh (untuk shuttle run).

“Saya himbau kepada rekan – rekan peserta TKJ agar saat melaksanakan tes sesuai dengan kemampuan masing – masing dan jangan dipaksakan, karena yang tahu kondisi kesehatan adalah rekan – rekan sendiri,” kata Soleh sapaan akrab PS Kasubbag Watpres Polres Batu.

Ini, lanjutnya, kecuali bagi yang mau daftar PAG (Perwira Alih Golongan) atau SIP (Sekolah Inspektur Polisi). “Silahkan dimaksimalkan tapi harus juga sesuai kemampuannya,” saran Soleh (gus)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.