Universitas Ciputra Gelar ICOEN 2022, Wujudkan Kewirausahaan di Era Digital

Universitas Ciputra secara konsisten berkontribusi memberdayakan generasi Indonesia dengan keterampilan kewirausahaan. Kewirausahaan dapat dimulai dari sistem pendidikan sejak dini untuk mendorong masyarakat agar mampu melihat peluang bisnis yang menguntungkan bagi dirinya maupun masyarakat

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

SURABAYA (SurabayaPostNews) – Pasca krisis pandemi, perekonomian Indonesia tumbuh 3,69% dari tahun ke tahun, dari kontraksi sebesar 2,07% pada tahun 2020. Besaran Produk Domestik Bruto (PDB) berdasarkan harga berlaku tahun 2021 mencapai Rp16.970,8 triliun.

Perekonomian Indonesia diperkirakan akan melanjutkan pemulihan pada tahun 2022 dengan pertumbuhan 5,2%. Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi negara berkembang dalam waktu dekat.

Dr. JE Sutanto, Ketua ICOEN 2022 menjelaskan, bahwa kewirausahaan adalah kunci utama bagi Indonesia untuk mencapai pertumbuhan berkelanjutan dalam jangka panjang.

“Universitas Ciputra secara konsisten berkontribusi memberdayakan generasi Indonesia dengan keterampilan kewirausahaan. Kewirausahaan dapat dimulai dari sistem pendidikan sejak dini untuk mendorong masyarakat agar mampu melihat peluang bisnis yang menguntungkan bagi dirinya maupun masyarakat,” terang Sutanto, Rabu (26/10/2022).

Menurutnya, Adanya kewirausahaan dapat menjadikan Indonesia menjadi negara yang besar di masa depan. Dengan menebarkan benih-benih kewirausahaan ke seluruh pelosok tanah air, masyarakat Indonesia akan siap menghadapi tantangan ke depan, apalagi dalam situasi VUCA (volatility, uncertainty, complexity and ambiguity).

“Pesatnya perkembangan teknologi menimbulkan disrupsi di berbagai industri. Namun memang, selalu ada peluang yang tersedia bagi mereka yang memiliki orientasi kewirausahaan,” Ucapnya

Berdasarkan kondisi tersebut di atas, kemampuan untuk menciptakan wirausahawan inovatif yang berdaya saing dan unggul dalam melihat peluang masa depan menjadi sangat penting. Karena itu Program Magister Management UC menyelenggarakan The 9th International Conference in Entrepreneurship (ICOEN) untuk menjawab dinamika, peluang, dan tantangan dalam menciptakan wirausahawan.

Konferensi ini berlangsung selama dua hari yaitu 26-27 Oktober 2022 secara Online dengan mengambil tema “Creating Sustainable Business in Green Economy Era Through Digital Entrepreneurship”.

“Berbicara tentang perkembangan ekonomi wajib juga berpikir tidak hanya meningkatkan kesejahteraan rakyat sebagai tujuan akhir kegiatan ekonomi,namun juga diharapkan memberi dampak tercapainya keadilan, baik keadilan bagi masyarakat maupun lingkungan dan sumber daya alam itu sendiri”, Jelasnya.

Sutanto menyatakan, bahwa ICOEN ini merupakan wadah bagi para peneliti, akademisi dan praktisi untuk mempresentasikan dan mendiskusikan hasil penelitian di bidang kewirausahaan, yang meliputi kajian berbagai disiplin ilmu, seperti ekonomi, teknik dan manajemen.

“Peserta yang mengikuti acara ini terdiri dari akademisi, peneliti dan praktisi, dengan total peserta paper sebanyak 93 peserta yang berasal dari Universitas Ciputra juga beberapa kampus di luar negeri seperti Tunk Abdul Rahman University College,” Tutupnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.