Tanggul Jebol Diterjang Banjir, TNI Bersama Warga Turun Tangan Kerja Bakti

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BATU (SurabayaPostNews) – Tangani  tanggul irigasi jebol ,di Dusun Krajan, Tutup, Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, TNI bersama dinas terkait dan warga setempat kerja bakti, Kamis (6/4/2023).

Akibat kejadian tersebut, lahan sejumlah petani dari beberapa tanaman sayur ludes diterjang banjir, kejadian tersebut pada, Rabu (5/4/2023).

Irigasi yang mengairi lahan pertanian tersebut hampir tiap tahun jadi langganan banjir, lantaran kurang lebar dan ketinggian tanggul tidak memadai, dan kejadian banjir tersebut  pernah terjadi pada Tahun 2022.

Hal ini disampaikan Kepala Desa Torongrejo, Sugeng Santoso, saat
berada dikantor Balai Desa Torongrejo, Kota Batu,Kamis (6/4/2023).

“Pengairan sawah Torongrejo tersebut, berada di wilayah Dusun Krajan, dan Tutup RT 3/4. Pada Tahun 2022 juga mengalami kejadian serupa. Kemarin hujan lebat mulai Pukul  2, hingga malam, kembali banjir, plengsengan jebol, luapan air menyasar pada lahan pertanian warga beberapa  hektar,” kata Sugeng.

Sejumlah lahan pertanian sayur – mayur, menurutnya ludes diterjang banjir, dan sekarang  sedang diperbaiki untuk mengantisipasi ketika banjir lagi.

“Anggota TNI, petugas BPBD, PUPR dan warga sekitar saat ini sedang kerja bakti, membuat pronjong dari bahan kawat,” paparnya.

Itu, papar dia, sebagi bentuk kepedulian warga, TNI  dan dinas terkait gotong royong perbaiki tanggul.

“Dinas terkait semoga segera perbaiki tanggul tersebut. Saya khawatir terjadi banjir lagi seperti pada tahun – tahun sebelumnya airnya sampai meluber pada pemukiman warga,” ungkapnya.

Olehkarena itu, pihaknya berharap supaya segera dapat respon dari dinas terkait.

“Segera dibangun plengsengan lebih kuat dan tinggi, guna antisipasi luapan air ketika hujan lebat,” seru Sugeng.(Gus)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.