MCP KPK, Wakil Ketua DPRD : Saya Melihat Selama Ini Pemkot Batu Stagnan 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BATU (SurabayaPostNews) – Nurochman, Wakil Ketua DPRD Kota Batu , menyampaikan giat rutin  MCP KPK merupakan hal yang sangat baik.

Monitoring Center For Prevention (MCP) menurutnya kegiatan rutin yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk melakukan monitoring capaian kinerja dan pencegahan korupsi.

“Sebenarnya ini adalah hal yang sangat  baik kalau memang Pemkot Batu punya komitmen terhadap penyelenggaraan pemerintah yang bersih dan berwibawa. Good Governance jangan sekadar menjadi narasi tanpa di implementasi,” kata Nurochman, Senin (15/5/2023).

Untuk itu, Cak Nur sapaan akrab politisi partai PKB ini, minta pemerintah Kota Batu harus segera melakukan perbaikan tata kelola pemerintahan.

“Saya melihat selama ini pemkot stagnan, tidak ada keputusan – keputusan  yang  diambil  terkait piutang pajak, dan potensi besar PAD (pendapatan asli daerah)  terkait aset daerah yang tercecer dan tidak  di kelola dengan baik,” ungkaonya.

Ini, ungkap dia, termasuk terkait PSU, perijinan, dan ketaatan wajib pajak, bahkan masih banyak hal yang tidak  diambil keputusan oleh Pemkot Batu.

“Padahal DPRD setiap tahun merekomendasikan dalam  merespon LKPJ tahunan.Seperti di dalam sistem MCP,” lanjutnya.

“Terkait perizinan, pengadaan barang dan jasa, perencanaan dan penganggaran APBD, pengawasan APIP, manajemen ASN, manajemen aset daerah, optimalisasi pajak daerah, dan tata kelola keuangan desa, alhamdulillah poin – poin ini persis dengan kebutuhan perbaikan di Kota Batu,” ujar Cak Nur.

Untuk itu, ujar dia, perubahan kepemimpinan  memang  perlu, tapi lebih penting lagi adalah perubahan sikap.

“Perubahan kepemimpinan memang perlu, tapi lebih penting lagi perubahan sikap, mental dan orientasi dalam  menjalankan kebijakan pemerintahan,” pungkasnya.(Gus)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.