AKBP Oskar Buka Gelaran Festival Patrol Ramadan Kapolda Cup 2024 di Kota Batu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BATU (SurabayaPostNews) – Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin buka gelaran festival ‘Patroli Ramadan Kapolda Cup 2024’ di Depan Pendopo Wali Kota Batu, Minggu (31/3/2024) malam.

Diketahui pembukaan ‘Festival Patrol Ramadhan Kapolda Cup tahun 2024’ ini sangat menarik perhatian masyarakat Kota Batu.

Hadir dalam gelaran tersebut, Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin bersama jajaran Forkopimda, yakni Pj. Wali Kota Batu Aries Agung Paewai, Kajari Kota Batu, Pabung Kodim 0818 Malang Batu, Sekda Kota Batu, Ketua KNPI, Kepala Dinas Pariwisata, dan sejumlah Kepala OPD,Ormas bersama  segenap tamu undangan.

Diinformasikan Festival dengan menampilkan alat-alat musik patrol tradisional di kolaborasi dengan alat musik modern ini,diikuti 20 peserta dari desa/kelurahan yang ada di Kota Batu dan 2 peserta dari luar Kota Batu.

Kembali diinformasikan,inti kegiatan ini mengajak masyarakat untuk menggiatkan siskamling sebagai salah satu bentuk kearifan lokal dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat sekaligus untuk mengisi kegiatan di bulan suci Ramadan .

Dalam sambutanya AKBP Oskar menyampaikan permohonan maaf yang sebesar besarnya karena Kapolda Jatim berhalangan hadir untuk membuka acara Festival Patrol Ramadhan Kapolda Cup tahun 2024 karena ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan.

“Semoga dengan ketidak hadiran Kapolda Jatim tidak menyurutkan semangat seluruh peserta dalam mengikuti lomba Festival Patrol Ramadan Kapolda Cup tahun 2024 ini,” harapnya.

Secara umum ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak dan masyarakat bersama TNI dan Polri dalam menjaga situasi Kota Batu yang aman dan kondusif.

“Siskamling merupakan salah satu wujud kontribusi masyarakat dalam mengawal keamanan dengan bentuk pengamanan swakarsa yang berazaskan gotong royong guna mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat Kamtibmas,” papar Oskar.

Lantas papar dia, memang kelihatannya benar-benar musik rakyat, bagaimana pemerintah dan Kepolisian menanamkan semangat gotong – royong yang luar biasa.

“Kalau masyarakat keliling-keliling menjaga keamanan lingkungan sembari  bermain musik ria, maka para pelaku kejahatan tidak akan beraksi,” tutupnya.

Sementara Ketua KNPI Kota Batu,notabene sebagai Ketua pelaksana giat menyampaikan.

“Perlombaan seperti ini untuk mengajak masyarakat menyemarakkan ramadhan dengan kegiatan positif, sekaligus bersama-sama membangun keamanan lingkungan melalui siskamling,” ujar Yuniar sapaan akrab Ketua KNPI Kota Batu.

Ini ujar dia, sekaligus menyampaikan banyak terima kasih kepada Walikota Batu,dan Kapolda Jatim, Kapolres Batu serta segenap pihak yang membantu sampai acara ini terlaksana dengan baik.

“Melalui musik patrol ini kita bisa melestarikan budaya, melestarikan yang sudah ada sebelumnya. Jadi kalau dilihat musik patrol ini sebenarnya patroli untuk kamtibmas awalnya,namun di kembangkan dengan membangunkan sahur,” tambahnya.

Ia katakan untuk membangunkan sahur dengan berbagai macam kreasi, ada yang menggunakan tong, kaleng dan lain sebagainya.

“Ini untuk menumbuh kembangkan kecintaan terhadap bulan suci, dan lomba festival ramadan ini salah satunya diadakan lomba musik patrol yang diikuti kurang lebih 20 peserta,” paparnya.

Usai dibuka Kapolres Batu dan Forkopimda dalam gelaran ini dilanjutkan dengan kebolehan para peserta di depan panggung kehormatan.Setelah dilepas dari Perumahan Batu Panorama,yang nantinya bakal berakhir di jalan simpang empat BCA Kota Batu.
(Gus)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.