Apel Gelar Pasukan OPS 2023, Kapolres Batu Bacakan Amanat Kapolda Jatim 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BATU (SurabayaPostNews) – Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Semeru Tahun 2023 di Lapangan Apel Mako Polres Batu,Senin (10/7/2023).

Apel Pasukan Operasi Patuh Semeru 2023 ini, dihadiri sejumlah  pejabat, yakni Pj Walikota Batu yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata,Kasatpol PP, Kepala Dinas Perhubungan Kota Batu, dan PjU (pejabat utama) Polres Batu.

Amanat Kapolda Jawa Timur yang dibacakan Oskar sapaan akrab Kapolres Batu menyampaikan terimakasih kepada seluruh personel yang telah menjalankan tugas dengan sungguh untuk menjaga keamanan, ketertiban, dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat di wilayah Jawa Timur.

“Bahwa angka kecelakaan lalu lintas pada triwulan 1 tahun 2023 mengalami kenaikan sebesar 11,88 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2022,” papar Oskar membacakan amanat Kapolda Jatim,Senin (10/7/2023).

Hal ini sejalan dengan peningkatan angka pelanggaran yang mengalami peningkatan signifikan sebesar 1.018 persen.Untuk menekan angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas tersebut, diperlukan penindakan yang tegas terhadap pelanggar yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas guna memberikan efek jera kepada para pelanggar.

Selain itu,bahwa perkembangan transportasi saat ini telah memasuki era digital dan modernisasi.Oleh karena itu,diperlukan inovasi dan peningkatan kinerja Polri khususnya Polantas untuk mengantisipasi segala dampak yang timbul dari modernisasi transportasi ini.

Salah satu upaya yang dilakukan, lanjutnya adalah pengembangan penerapan e-tilang melalui kegiatan E-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement) dan INCAR (Integrated Card Reader), di mana hingga periode Januari-Juni 2023, Ditlantas Polda Jatim telah menindak pelanggar sebanyak 1.218.825 orang.Hal ini menandakan bahwa kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas masih rendah.

Operasi Patuh Semeru 2023, disebutkan akan digelar selama 14 hari mulai tanggal 10 hingga 23 Juli 2023 di seluruh wilayah Jawa Timur. Operasi ini akan mengedepankan kegiatan edukatif, persuasif, dan humanis serta penegakan hukum lantas secara elektronik (statis dan mobile) dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di wilayah Jawa Timur.

Tema dari operasi ini adalah “Patuh dan Tertib Berlalu Lintas Cermin Moralitas Bangsa”. Dalam penekanan Kapolda selama pelaksanaan operasi, anggota dihimbau untuk selalu memanjatkan doa kepada Tuhan yang Maha Esa sebelum melaksanakan tugas, memprioritaskan faktor keamanan dan keselamatan dengan memedomani standar operasional prosedur yang ada.

Menghindari tindakan sikap kontraproduktif dan tindakan pungli, serta melaksanakan tugas operasi patuh dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat.

Kepada seluruh anggota,lanjut dia, khususnya Polres Batu yang melaksanakan tugas Operasi Patuh Semeru 2023 dengan semangat dan penuh rasa tanggung jawab.(Gus)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.