Bertuliskan “Khilafah” Kelompok Masyarakat Bubarkan Kegiatan Di Mushollah Desa Purworejo Pasuruan

bahwa masyarakat sudah geram dan tidak mau adanya kegiatan yang tertutup di tempat tersebut, apalagi hadir beberapa orang dari luar kota

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PASURUAN (SurabayaPostNews) – 20 Juni 2023, kegaduhan terjadi di Mushola Baitus Silmi Dsn. Bejigeneng, Ds. Purworejo, Kec. Purwosari Kab. Pasuruan, gesekan antara warga beserta Patriot Garuda Nusantara dengan kelompok yang berpaham khilafah diindikasikan Ex HTI keasdiran Pasuruan Raya Pimpinan IDRIS ZAINUDIN.

Kegiatan yang mengatasnamakan Miltaqo Ulama Aswaja Tapal Kuda Pasuruan 1444H tersebut mengusung tema “Khilafah mengakhiri hegemoni dollar dengan dinar dan dirham”.

Mushola Baitus Silmi yang dikelola oleh Ahmad Sukirno yang tahun 2018 juga pernah dibubarkan warga karena diduga merupakan pengikut kelompok ex HTI, dan mushola tersebut ternyata belum memiliki ijin pendirian, Ijin pendirian yang diajukan adalah rumah tempat tinggal, yang sebetulnya kurang etis dikarenakan sekitar 50m dari tempat tersebut berdiri masjid yang besar dan layak.

Baehaqi selaku Kepala Dusun menerangkan, bahwa sering dilakukan kegiatan di tempat tersebut dan tidak pernah melakukan ijin ataupun mengabari perangkat setempat.

“bahwa masyarakat sudah geram dan tidak mau adanya kegiatan yang tertutup di tempat tersebut, apalagi hadir beberapa orang dari luar kota,” Ucapnya.

Menurtunya, Emosi masyarakat yang memuncak memutuskan untuk mendatangi kegiatan tersebut dikarenakan, backdrop yang tertulis jelas memuat kalimat khilafah yang jelas sudah dilarang.

“Pemerintah sudah melarang kelompok HTI yang merupakan perwujudan kelompok yang getol ingin mengganti konstitusi Indonesia dengan khilafah,” Tutupnya.

Akhir dari keributan yang terjadi warga meminta, tidak ada lagi kegiatan yang tidak memberi tahu warga apalagi membahas ideologi yang dilarang dan beberapa peserta kegiatan tersebut dipaksa meninggalkan lokasi kegiatan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.