Bukan Kaleng – Kaleng Festival Biliar Se Jagat Di Kota Batu,Ini Besaran Hadiahnya

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BATU (SurabayaPostNews) – Persatuan Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Kota Batu kolaborasi dengan Panitia Hari Jadi ke 22 Kota Batu akan mengelar “Festival Biliar Se Jagad” pada 21-26 November 2023 di Gelanggang Olah Raga (GOR) Gajahmada Kota Batu.

Event dalam rangka rangkaian HUT Ke-22 Kota Batu, dengan total hadiah senilai Rp 100 Juta.

Seperti diketahui event ini sebelumnya diagendakan di Selecta, di pindah ke GOR Gajah Mada alasannya kemudahan teknis kemudahan pelayanan.

Ketua Persatuan Olahraga Billiard Seluruh Indonesia (POBSI) Kota Batu Ghaib Sampurna menyebut GOR Gajah Mada lebih dekat.

“GOR Gajahmada lebih dekat dengan pusat keramaian yang diminati peserta,”kata Ghaib.

Event ini,Gaib meyakini bakal menjadi magnet bagi para pecinta biliar dari nusantara dan penjuru dunia.

“Dimana peserta diperkirakan mencapai ratusan pemain biliar dari dalam negeri dan berbagai negara turut memeriahkan momen spesial ini.Festival Billiard ini akan menjelma menjadi arena kompetisi penuh gengsi,”ungkapnya.

Lantas ungkap dia,para pemain billiard profesional dan amatir dari dalam dan luar negeri bakal bersaing sengit untuk merebut juara beragam kategori, single dan double dengan berbagai handicap.

“Festival billiard ini tidak hanya sebagai ajang pertandingan, sekaligus  memberi kesempatan bagi penggemar biliar untuk memperdalam pengetahuan mereka sekaligus menjalin koneksi dengan komunitas biliar internasional,”ujarnya.

Ini ujar dia,festival biliar hari jadi Kota Batu ke- 22 ini open handicap (HC) mulai HC 4,5,6,7& 8 dengan menggunakan 9 ball campionship 2023.

“Single dan double elimination bebas handicap (HC) mulai HC 4,5,6,7 dan 8 menggunakan 9 ball Compionship 2023. Meja yang dipergunakan meja Xingjue baru serta bola Dynasphere baru,” paparnya.

Tambahnya,festival babak kualifikasi single elimination (sistem gugur), dimulai Tanggal 21- 24 November 2023, untuk tanggal 21 November adalah kualifikasi yang diambil 16 orang peserta, dan untuk tanggal 22 November adalah kualifikasi B diambil 16 peserta. Sedangkan tanggal 23 November adalah kualifikasi C diambil 16 peserta. Terakhir tanggal 24 November adalah Kualifikasi D juga diambil 16 peserta.

“Jumlah peserta tidak dibatasi setiap hari semua peserta bisa re-entry dihari selanjutnya.Usai babak penyisihan (elimination) dilanjutkan dengan babak utama diikuti 64 – 32 peserta dilaksanakan 25 November 2023 menggunakan sistem double elimination.Peserta jika dua kali kalah dinyatakan gagal,” jelasnya.

Pada babak Grand final jelas dia,akan diikuti sejumlah 32 peserta yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 November 2023, dengan menggunakan sistem single elimination (sistem gugur).

“Festival Billiard ini akan menjadi momen bersejarah bagi Kota Batu, memperkuat posisinya sebagai tujuan wisata unggulan dan pusat kegiatan olahraga internasional.Billiard Se-Jagad ini,merupakan bukti nyata komitmen POBSI dan Panitia HUT untuk memeriahkan HUT ke-22 Kota Batu,” terangnya.

Sisi lain terang dia,dengan total hadiah Rp. 100 Juta,terbagi untuk Juara 1 : 35 jt + trophy, Juara 2 : 15 jt + trophy, Juara 3 : 7 jt + trophy, Juara 4 : 7 jt + tropy, 8 besar : 3 juta, 16 besar : 1,5 juta, 32 besar : 750 ribu.

“Saya harap acara ini dapat menginspirasi para pemain billiard seluruh dunia.Sehingga tidak hanya mengangkat citra Kota Batu sebagai tujuan wisata yang menarik,tetapi para UMKM bisa merasakan manfaat meningkatnya kunjungan wisatawan ke Kota Batu,”harap Gaib.(Gus)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.