Cara Universitas Ciputra Maknai Hari Pahlawan, Ajak Generasi Muda Mengeluarkan Ide Bisnis

Perjuangan Pahlawan harus diteruskan. Kami ingin sekali mendorong anak-anak muda untuk bisa mengeluarkan ide bisnis kreatifnya yang memperhatikan SDG. Tetap bisa berbisnis tapi bumi ini juga terjaga

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

SURABAYA (SurabayaPostNews) – Selamat Hari Pahlawan!! Merdeka!! Merdeka!! Merdeka!! Terdengar pekik serentak dari Plaza Universitas Ciputra Surabaya pagi ini, Kamis (10/11/2022).

Memaknai Hari Pahlawan School of Industry Creative (SIC) Bersama 3 program studi didalamnya ada Program Studi Interior Architecture, Visual Communication Design dan Fashion Product Design ini menggagas Event yaitu kompetisi bisnis yang berkaitan dengan dunia kreatif industri bertajuk “EXCEED 2022” dan  International Conference of Sustainability in Creative Industry (ENVISION).

Dr. Astrid Kusumo Widagdo, S.T., M.M. selaku Dekan dari SIC mejelaskan, bahwa Sustainable Development Goals ini sudah menjadi issue nasional dan mendunia. Sudah waktunya untuk serius menangani. Kami ingin mengajak anak-anak muda dimulai dari tingkat SMA untuk ikut serta peduli dengan mendorong mereka mengeluarkan ide bisnis yang memperhatikan SDG.

“Perjuangan Pahlawan harus diteruskan. Kami ingin sekali mendorong anak-anak muda untuk bisa mengeluarkan ide bisnis kreatifnya yang memperhatikan SDG. Tetap bisa berbisnis tapi bumi ini juga terjaga,” tuturnya.

EXCEED 2022

Alexandra Ruth Santoso, S.Des., M.A. Dosen dan juga pembina EXCEED 2020 menerangkan, bahwa EXCEED 2022 ini dibuka dengan 2 katergori yaitu untuk Kategori SMA dan Kategori Mahasiswa. Peserta yang mendaftar tidak kurang dari 50 Tim yang terdiri dari 2-3 orang tiap tim nya.

“Saya melihat antusian peserta mengikuti EXCEED ini. Dari mulai awal kegiatan pada bulan September lalu hingga bulan nanti 11 November penutupan, peserta mengikuti serangkaian kegiatan dan menunjukan progress dengan baik,” jelas Ruth.

“Jadi untuk kegiatan EXCEED ini ada beberapa tahapan yaitu PEMBEKALAN, MENTORING , dan EKSEKUSI. Pembekalan dikemas dalam webinar dan talshow sebanyak 4x dengan menghadirkan narasumber para akademisi dan praktisi,. Untuk proses mentoring sudah dibuatkan group Khusus sehingga diskusi bisa dilakukan kapan pun” imbuhnya.

Menariknya materi sudah disiapkan di e-learning sehingga peserta secara Mandiri bisa unduh dan pelajari. Peserta yang berasal dari kota-kota besar seperti Surabaya, Bandung, Semarang ini akan diambil 6 tim masuk final untuk merebutkan juara 1,2,3.

“Tanggal 9-11 November ini prototype dari ide bisnis peserta dipamerkan di Ruang Mezanine UC, tanggal 11 Nov akan diumumkan pemenangnya,” Terang Ruth.

Ruth menjelaskan ada salah satu ide bisnis menarik dari peserta kategori SMA yaitu membuat inicerator Sampah yang menjadi pembangkit listrik. Sampah yg dipilih adalah Sampah organic yg tidak menimbulkan racun.

ENVISION

Astrid menjelaskan, bahwa seminar internasional ini dilaksanakan secara online dan dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bapak Sandiaga Uno. Sama hal nya dengan EXCEED, seminar internasional ini juga menitik beratkan pada topik Sustainability in Creative Industry.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.