Dinas Pariwisata Kota Batu 𝓑𝓪𝓴𝓪𝓵 Bangun Sarana dan Prasarana Sendratari Arjuna Wiwaha 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BATU (SurabayaPostNews) – Dinas Pariwisata Kota Batu akan bangun penyediaan sarana dan prasarana “Sendratari Arjuna Wiwaha” untuk tingkatkan kualitas pelayanan, gunakan DAK (dana alokasi khusus) reguler 2024 senilai ratusan juta.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu,
Arief As Siddiq menyebut Dinas Pariwisata bersama DPRD Kota Batu Komisi B sejalan meningkatkan kapasitas pelayanan Sendratari Arjuna Wiwaha.

“Disparta bersama Komisi B, bersemangat meningkatkan kapasitas layanan Sendratari Wiwaha ketika hearing dengan Komisi B,beliau mendukung supaya Sendratari ditingkatkan kualitas pelayanan penyediaan sarana dan prasarana didalam Sendratari maupun area pendukung,seperti tempat parkir, pagar dan beberapa yang lain,” kata Arief As Siddiq saat berada di Area Sedratari Kota Batu, Jumat (28/7/2023).

Ini, kata dia,dewan berkomitmen untuk ditingkatkan agar Sendratari yang menjadi ikon wisata batu semakin bagus dan membuat nyaman khususnya wisatawan yang hadir.

“Nanti kita target di PAK (perubahan   anggaran keuangan 2023,dan reguler 2024 kita fokuskan anggaran pengembangan Sendratari Arjuna Wiwaha anggaran 2023 besaran Rp
180 juta, harapannya tahun 2024 bisa Rp 400 juta,” harap dia.

Ini,lanjutnya meliputi tempat parkir masih belum tertata dan belum ada pengerasan dengan paving sehingga parkir-parkir kesulitan.

“Semua perlu disempurnakan pada tahun 2024.Disini ada event – event rutin pada bulan purnama, dan kita selalu bikin event,termasuk event mingguan yang dilakukan teman – teman seniman maupun musisi,” ujarnya.

Lantas,ujar dia termasuk event mingguan yang juga dilakukan para seniman maupun musisi.

“Rencana pada 3 Agustus nanti,
dan tanggal 5 ada event besar disini  dalam rangka “Padang Bulan” sekaligus dirangkai dengan kegiatan yang lain dan akan mengundang para pimpinan agar bersama – sama wisatawan menonton bersama,” ungkapnya.

Kemudian ungkap dia,nantinya akan ada kegiatan heroik musik yang mana kegiatan sesuai khas Kota Batu untuk bisa tampil, dan bisa menghibur masyarakat Kota Batu sekaligus memulai heroik semangat Republik Indonesia ke -78 pada 5 Agustus.

Untuk sehari – hari menurut Arief kerap  digunakan oleh anak – anak siswa – siswa sekolah, dari SMP, SMA, SD maupun TK, mengunakan area Sedratari mengadakan berbagai kegiatan tiap hari.

“Alhamdulilah kami bersama dengan jajaran di bawah pariwisata dan pengurus selalu merawat dan menjaga memelihara kebersihan gedung ini.
Setiap waktu digunakan semua siap,
Air,Listrik dan kebersihannya tetap terjaga, itu komitmen kita bersama dan fasilitas ini untuk masyarakat yang harus ditampilkan dalam keadaan bersih.Intinya ikon Sendratari ini, memiliki kontribusi besar untuk mengangkat  kebudayaan Kota Wisata Batu,” jelasnya.

Ini,tambahnya pariwisata Kota Batu  sebelumnya mengandalkan wisata buatan yang bagus-bagus di batu, kemudian wisata alam, juga desa wisata, Sendratari eksis juga berkontribusi memberikan dukungan bagi Kota Wisata Batu.

“Alhamdulilah di tahun 2023 ini, Kota Batu diusulkan oleh Provinsi Jawa Timur untuk mendapatkan anugerah kebudayaan dari Pemerintah Pusat.Saya kira Sedratari Arjuna Wiwaha ini, berkontribusi, tidak hanya berbasis SDM (sumber daya manusia) fasilitas  seniman,dan budayawan,tapi juga menyediakan infrastruktur yang bagus untuk mereka,” tutur mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu ini.

Ini,tutur dia,infrastruktur yang mendukung bisa aktif beraktivitas,  kenyataan dan Pemerintah Kota Batu berhasil untuk terus mengencangkan Sedratari.

“Mempromosikan, dan memasarkan Sedratari termasuk “Asosiasi Pariwisata” di Kota Batu, harapannya juga mendukung adanya Sendratari dengan menggebyar berbagai event didalamnya untuk dijual ke wisatawan paket – paket wisata,”ungkapnya.

“Jadi memang sudah berjalan paket – paket wisata, namun kerjasama ini,
selain di hotel dan sebagainya, tapi juga ke Sedratari Arjuna Wiwaha Kota Batu,” pungkasnya.(Gus)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.