Emil Dardak Tinjau RPH Surya Surabaya, Pastikan Sapi Bebas PMK

proses penyembelihan hewan di RPH inj, karena sudah memenuhi standart yang ditentukan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

SURABAYA (SurabayaPostNews) – Menjelang perayaan Idul Adha, pelaksana tugas (PLT) Gubernur Jatim, Emil Elistiano Dardak bersama Dinas Peternakan, tinjau rumah potong hewan (RPH) Surya jalan pegirian, Surabaya, Sabtu (09/07/2022).

Emil didampingi Dirut RPH Surya RPH Surya Fajar Arifianto, menuju kandang sapi yang akan di sembelih, bebas dari penyakit mulut dan kuku ( PMK).

Emil dalam keterangannya ke awak media menyebut, proses penyembelihan hewan di RPH inj, karena sudah memenuhi standart yang ditentukan.

“Karena 12 jam sebelum disembelih, sapi diambil tes antemortem pada sapi. Dan setelah dilakukan oenyembelihan, juga dilakukan tes Post Mortem,” Ujarnya saat melakukan peninjauan di RPH Surya, Sabtu (09/07/2022).

Menurut Emil, seluruh sapi yang akan dilakukan penyembelihan hari inj dinyatakan bebas dari PMK dan penyakit lainnya.

Emil juga menghimbau, masyarakar atau masjid yang ingin menyembelih sapi kurban, bisa mengirimnya ke RPH kabupaten kota masing masing.

“Hal ini dilakukan untuk alasan keamanan. Namun, jika ada terindikasi PMK bisa direbus dulu jerohanya dan bagian lainnya. Tapi hari ini semuanya aman, karena rph memiliki standar tinggi sehingga tidak ada keraguan pmk,” Katanya.

RPH Surya Surabaya, seluruh sapi dipotong sampai dilakukan oengemasan dengan menggunakan plastik Foodgrade, dan di cek oleh dokter hewan sebelum dibagikan.

“Pada penyembelihan hari ini, RPH Surya Surabaya, menyembelih sebanyak 15 sapi. Sementara besok, akan dilakukan penyembelihan sebanyak 70 ekor sapi,” Pungkasnya.

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.