Gebyar Becak de IVA dan Gerakan Tanam Cabai Serentak,Ini Tujuannya 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BATU (SurabayaPostNews) – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Batu,Dwi Mardiana Susilawati,ajak para wanita melakukan pemeriksaan inspeksi visual asam Asetat (IVA).

Hal ini disampaikan Mardiana saat mengikuti kegiatan ‘Gebyar Kanker Leher Rahim dengan IVA’ di Balai Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo,Sabtu (9/2/2024).

“Melakukan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test,sebagai upaya untuk deteksi awal penyakit kanker serviks atau kanker leher rahim,”katanya.

Diinformasikan kegiatan yang diinisiasi Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Kesehatan,Puskesmas Beji dan Rotary Indonesia ini, merupakan rangkaian dari perayaan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG-PKK) ke -52.

“Hari ini, kita tidak hanya berkumpul untuk merayakan kegiatan sosial, tetapi juga untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya deteksi dini kanker. Khususnya kanker leher rahim dan payudara,yang menjadi fokus utama program kesehatan kami,”ujarnya.

Seperti diketahui kegiatan ini,selain Gebyar Becak de IVA, sekaligus dilakukan Gerakan Tanam Cabai serentak se Kota Batu, menanam sebanyak 500 bibit cabai di halaman Balai Desa Mojorejo.

“Gerakan untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga dan mengendalikan inflasi ini,bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu.Hari ini merupakan bagian dari upaya kami dalam mendorong pola hidup sehat dan mengedukasi masyarakat,akan pentingnya konsumsi buah-buahan dan sayuran,”paparnya.

Lantas papar dia,Bibit-bibit ini bukan hanya simbol harapan akan masa depan yang lebih baik,tetapi juga investasi dalam kesejahteraan bersama.

“Sebanyak 2.000 bibit cabai telah ditanam secara serentak di seluruh wilayah Kota Batu pada pagi ini.Nanti setelah lebaran akan dilaksanakan penanaman lagi. Setelah itu,dua hingga tiga bulan kita akan melaksanakan panen cabe serentak,” ungkapnya.

Dalam kegiatan Gebyar Becak de IVA ini, TP PKK dan BULOG,tambah dia,juga menyelenggarakan ‘Gebyar Pasar Murah PKK’yang menawarkan beras,gula,dan minyak goreng dengan harga murah.

“Selain itu ada beragam makanan lezat yang ditawarkan melalui kegiatan bazar makanan lokal.Semoga dengan adanya bazar ini dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari sambil tetap menjaga kesehatan dan kebugaran menjelang Ramadan,” harap dia.

Olehkarena itu, pa haknya berpesan agar masyarakat Kota Batu dapat berkolaborasi dan bersinergi untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan berdaya.

“Bersama-sama, kita bisa memberikan dampak positif yang nyata bagi kesejahteraan kita semua,”tutupnya.

Sekadar diketahui,hadir dalam kegiatan ini Plt.Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu,Aditya Prasaja, Camat Junrejo,Dian Saraswati,Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan,Heru Yulianto, Ketua TP PKK Kota, Kecamatan,Desa/Kelurahan se-Kota Batu,Ketua Pokja I, lI, III dan IV Kota, Kecamatan Desa/Kelurahan se-Kota Batu,serta para pengurus TP PKK Kota, Kecamatan, Desa/Kelurahan se-Kota Batu.(Gus)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.