Giat P5 SMP Muhammadiyah 8 Kota Batu,Dongkrak Perekonomian di Pasar Induk Among Tani

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BATU (SurabayaPostNews) – Memajukan bakat,SMP Muhammadiyah 8 Kota Batu gelar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Pasar Induk Among Tani Kota Batu,Sabtu (24/2/2024).

Dari ratusan siswa-siswi SMP Muhammadiyah 8 tersebut, menunjukkan kebolehannya dengan tarian tradisional, hendak menjadikan magnit pemantik reaksi ratusan pengunjung.

Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 8 Kota Batu,Windra Rizkiyana,M.Pd mengatakan giat ini,selain memajukan bakat,merupakan puncak perayaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

“Ivent ini,kali ke enam rutin setiap tahun kami lakukan dimana anak – anak mengangkat kearifan lokal,atau budaya disekitar mereka.Setiap kelas menampilkan satu tampilan dan mereka mencari tema apa yang ingin mereka tampilkan,dan mereka juga berlatih selama 33 Minggu,”kata Wirdan,Sabtu (24/2/2024) di Pasar Induk Among Tani Batu.

Karena menurut dia, sistem projek P5 ini menggunakan sistem tiga Minggu mereka latihan untuk persiapan tampilan hari ini, di Pasar Induk Kota Batu.

“Kegiatan P5 ini,merupakan Profil belajar Pancasila. Anak-anak berkolaborasi, kemudian mereka juga dilatih tentang keberagaman, dan mereka mengenal beragam budaya disekitar mereka. Gelaran ini berlangsung satu hari, mulai pukul 8.00 Wib, hingga pukul 17.00 Wib,”paparnya.

Dalam giat ini papar dia,ada 18 kelas yang akan tampil,dan SMP Muhammadiyah 8 ini,ia katakan merupakan sekolah penggerak angkatan pertama Kementrian Pendidikan Nasional.

“Jadi projek P5,benar-benar resmi dari Kementrian Pendidikan,dan boleh ditetapkan di kurikulum sekolah,dan kami  merupakan angkatan pertama di Kota Batu.Maka tiap tahun kami melakukan P5,dan giat ini pada jam sekolah.Kami disekolah di kurikulum mengalokasikan waktu untuk P5,” lanjutnya.

Mengingat dalam giat ini,merupakan kali ke enam,yang mana giat-giat sebelumnya disekolah, dan di salahsatu Mall berada di Kota Batu.

“Karena Pasar Induk ini baru diresmikan Presiden, Pak Jokowi,dan kami diberi kesempatan oleh Pemerintah Kota Batu,mengunakan fasilitas area pasar tampil disini,” ungkapnya.

Untuk diketahui,dalam menjalankan kegiatan P5 ini menghasilkan jiwa gotong royong,lantaran terdapat peningkatan karakter pelajar mulai dari kebersamaan, empati, saling bekerjasama, tolong menolong dan solidaritas.

Sementara itu, terkait event ini diapresiasi oleh Kepala Diskoperindag Kota Batu Aris Setiawan.

“Kami mengapresiasi SMP  Muhamadiyah 8,dengan kontribusi sangat luar biasa,dan tidak hanya bertujuan menjaga kearifan lokal kegiatan yang ada disekolah, tetapi ini adalah salah satu bentuk nyata, bahwa dunia pendidikan khususnya di SMP Muhammadiyah 8 Batu,
berkontribusi mengerakkan prekonomian di Pasar Induk Batu,” kata Aris.

Ini kata dia,bisa dilihat dalam satu event saja berapa nilai perputaran ekonomi yang ada di Pasar Induk Among Tani Batu bisa kelihatan.

“Berapa ribu orang yang datang dan berapa perputaran rupiah yang ada,misal 1000 orang saja,rata-rata membawa uang dan membelanjakan di Pasar Batu Rp 50 ribu, itu sudah lumayan besar.Harapannya kolaborasi ini penting,dan saya apresiasi SMP 8 Batu,” tambahnya.

Dikala ada kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan dan mendongkrak prekonomian di Kota Pariwisata Batu, khususnya Pasar Induk Among Tani Kota Batu.(Gus)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.