Pejalan Kaki Keluhkan Keberadaan Tenda Di Atas Trotoar Depan Balaikota Among Tani Kota Batu 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BATU (SurabayaPostNews) – Tenda diduga milik Dinas Perhubungan Kota Batu terletak di atas trotoar Jalan Panglima Sudirman samping kiri pintu masuk Balaikota Among Kota Batu dinilai rampas hak bejalan kaki, hal itu dikatakan Anam Harianto, salah satu pejalan kaki yang sedang melintas di jalan, Senin (21/11/2022).

Anam menyebut tenda yang ada di atas trotoar depan pintu masuk ke Balaikota Among Tani Pemkot Batu, selain tidak sedap dipandang, jugalah merampas hak pejalan kaki.

“Kondisi Kota Batu kerap terjadi  kemacetan, disisi lain, masih banyak masyarakat pejalan kaki.Demikian pemerintah telah menyediakan fasilitas bagi pejalan kaki dalam bentuk jalur khusus yang bebas dari aktivitas kendaraan bermotor yang disebut dengan trotoar,” kata Anam.

Meski begitu, menurut Anam, kenyataannya hampir selalu ditemukan masalah dalam pemanfaatan trotoar.

“Trotoar yang seharusnya menjadi karpet merah bagi para pejalan kaki, masih saja dialihfungsikan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, maaf sepeti tenda tersebut, diduga dirirkan Dinas Perhubungan diatas trotoar, depan pintu masuk Pemkot Batu,” ujar dia.

Olehkarena itu, menurutnya tak jarang para pejalan kaki justru mengalah demi kepentingan individu nan egois yang merampas jalur trotoar.

“Padahal hak-hak pejalan kaki secara jelas dilindungi oleh Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

“Yakni pada pasal 45 ayat (1), dimana pejalan kaki berhak atas ketersediaan fasilitas pendukung yang berupa trotoar, tempat penyeberangan, dan fasilitas lain,” tegasnya.

Lantas, tegas dia, fungsi trotoar tidak boleh diselewengkan dengan cara dan bentuk apapun.Seperti dimiliki secara pribadi, dijadikan lahan parkir dan tempat berdagang, dan lain sebagainya dengan alasan karena trotoar hanya memang diperuntukkan bagi pejalan kaki.

“Celakanya, di Kota Batu tengah terjadi pemandangan menarik bahwa tenda yang berdiri di atas trotoar tersebut, diduga milik Dishub Kota Batu,” ungkap dia.

Sementara dikonfirmasi melalui sambungan ponsel Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu Imam Suryono,Senin, 21/11/2022, belum merespon.

Sampai berita dikabarkan SurabayaPostNews, Imam Suryono belum bisa dikonfirmasi.(Gus)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.