Persiapan Pengamanan Idul Fitri, Polres Batu Apel Gelar Pasukan Ketupat Semeru 2024 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BATU (SurabayaPostNews) – Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin pimpin apel gelar pasukan operasi kepolisian terpusat ‘Ketupat Semeru 2024’ dalam rangka pengaman Idul Fitri 1445 H/2024.

Apel gelar pasukan Ketupat Semeru 2024 bersama Forkopimda dan ratusan personil gabungan ini,berlangsung di Jalan samping Alun – alun Kota Batu,Rabu (3/4/2024).

Hadir dalam pelaksanaan tersebut, Sekda,Kajari,dan sejumlah OPD dilingkungan Pemkot Batu.Kapolres Batu AKBP Oskar membacakan amanat Kapolri terkait operasi ketupat tahun 2024 ini  secara serentak di seluruh Indonesia.

“Apa yang dilakukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir persiapan pelaksanaan operasi ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergi kita bersama TNI Polri dengan pihak terkait terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya idul Fitri 1445 Hijriyah,”lanjutnya.

Apel gelar pasukan bersama  hadirin dan tamu undangan yang dihormati berdasarkan survei indikator kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2023 mencapai 89,5% atau meningkat 15,7% dibanding tahun 2022 hal ini merupakan wujud apresiasi masyarakat atas kerja keras bersama.

Berkaitan hal tersebut,Presiden  RI Joko Widodo menekankan bahwa mudik tahun ini adalah mudik yang akan sangat besar sekali kenaikannya capai 56 persen dibanding tahun yang lalu total yang akan mudik 197 juta orang.

Untuk pemudik ini,pihaknya menghimbau  mengajak masyarakat untuk mudik lebih awal.Untuk menjawab tantangan ini TNI Polri bersama stakeholder terkait melaksanakan operasi terpusat dengan sandi ketupat 2024 yang melibatkan 155.165 persen selama 13 hari dari tanggal 4 sampai dengan 16 April 2024.

Operasi ini telah diawali pada tanggal 28 Maret sampai dengan 3 April 2024 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 17 sampai dengan 23 April 2024 dalam operasi ini telah dipersiapkan 5.784 pos yang terdiri dari 3772 pos pengamanan 1532 pos pelayanan dan 480 pos terpadu dalam rangka pelayanan dan pengamanan utama pada jalur-jalur rawan.

“Seperti kemacetan kecelakaan kriminalitas dan bencana alam serta di pusat-pusat keramaian tentunya pos-pos yang digelar harus mampu memberikan pelayanan prima dan pengamanan optimal Polri bersama dengan kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR,” lanjutnya.

Kembali mengeluarkan surat keputusan bersama tentang pengaturan lalu lintas jalan serta penyebrangan selama masa arus mudik dan arus balik angkutan lebaran 2024.

“Kebijakan ini diharapkan mampu mendukung keamanan keselamatan ketertiban kelancaran dan kenyamanan,” tutupnya.(Gus)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.