Praktisi dan Dosen Sistekin Untag Surabaya Paparkan Prospek Karir Lulusan IT

Mahasiswa diwajibkan melakukan itu, jadi sudah ada mahasiswa yang tahu bahwa setiap mata kuliah berhubungan dengan sertifikasi

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

SURABAYA (SurabayaPostNews) – Mahasiswa baru sistem dan teknologi informasi (Sistekin) Untah Surabaya mengikuti pembelajaran pada Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), Senin (28/8). Dalam kesempatan tersebut juga digelar shearing bersama praktisi dan dosen di bidang IT. Sistem dan Teknologi Informasi (Sistekin) untah sendiri merupakan salah satu program studi baru Untag Surabaya yang menerima maba tahun ini.

Kepala Prodi Sistekin Untag Surabaya, Supangat, M.Kom., ITIL., COBIT., CLA menjelaskan, dalam kegiatan PKKMB ini maba diberikan penjelasan mengenai materi kuliah yang sudah disusun sesuai kurikulum yang dihubungkan dengan industri. Sehingga ada sertifikasi internasional.

“Mahasiswa diwajibkan melakukan itu, jadi sudah ada mahasiswa yang tahu bahwa setiap mata kuliah berhubungan dengan sertifikasi,” ujar Supangat.

Dalam PMB tahun ini, peminat Sistekin Untag Surabaya cukup tinggi. Mengingat prodi baru dan maba yang diterima sebanyak 120 orang. Beberapa maba bahkan ada yang profesinya polisi dari Polda, Polres dan praktisi.

Dikatakan Supangat, prodi Sistekin mempunyai keunggulan dibidang keamanan data dan sistem. Hal ini dilandasi karena sudah banyak aplikasi berkembang di Surabaya dan Jatim yang belum dijaga keamanan sistemnya, sehingga ada modus penipuan uang terkuras.

“Fokus kami untuk maba yang disampaikan adalah problem yang kami temui berkaitan dengan keamanan sistem. Dan ini mereka harus mengetahui,” katanya.

Selain itu, Supangat juga menuturkan pihaknya mempunyai mata kuliah etika profesi agar kemampuan maba mengarah ke positif karena banyakkan peretasan.

“Porsi mereka menjaga kestabilan sistem secara keseluruhan,” tandas dia.

Salah satu praktisi yang mengisi materi PKKMB prodi Sistekin, adalah Co Founder Narasi Data, Farida. Dalam kesempatan itu, Farida mengenalkan prospek peminatan narasi data di dunia kerja.

“Kita shearing soal narasi data yang bergerak dibidang data teknologi, disana akan memberi wawasan. Selama pembelajaran di sistekin apa aja yg dipelajari maba ini,” terangnya.

Dengan begitu maba tidak perlu khawatir sebab, Narasi Data sudah bekerjasama dengan Untag Surabaya. Nantinya, mahasiswa akan dibentuk learning text nya yang sudah ada di prodi Sistekin.

“Dari pembelajaran itu, mereka bisa memilih menjadi data scientist, data analisis, dan data engineer, ketiganya nantinya akan dibantu Narasi Data untuk sertifikasinya,” Pungkasnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.