Pria Asal Surabaya Wahyu Kenzo Gondol Uang Rp 9 Triliun

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

SURABAYA (SurabayaPostNews) — Pria asal surabaya, Dinar Wahyu Saptian atau biasa dikenal Wahyu Kenzo (34) ditangkap petugas Polresta Malang atas laporan penipuan investasi.

Wahyu Kenzo, dilaporkan melakukan penipuan robot trading Auto Trade Gold (ATG) yang dikelola perusahaan miliknya, yakni PT Pansaky Berdikari Bersama.

Nilai Kerugian akibat kejahatan ini diklaim Kapolda Jatim Irjen Toni Hermanto mencapai Rp 9 triliun dengan jumlah korban sekitar 25 ribu orang.

“Tak hanya dari Indonesia, korban juga ada yang dari Amerika, Rusia hingga Prancis,” kata Kapolda Jatim Irjen Toni Harmanto, dalam pers rilis di Mapolda Jatim, Rabu (8/3/2023).

Kapolresta Malang, Kombes Budi Hermanto di kesempatan yang sama menerangkan, Meski sejumlah korban bisa melakukan penarikan (Withdrawl) keuntungan di awal-awal robot trading itu beroperasi, belakangan keuntungan itu tidak bisa dicairkan.

“Jadi korban ini rata-rata bisa withdrawl (menarik) maksimal 2.000 dolar AS. Setelah itu sistem tidak bisa melayani, sehingga dana yang mau ditarik korban ter-pending,”kata dia.

Budi Hermanto menyebutkan asistensi yang diberikan Polda Jatim dilakukan sejak awal penyelidikan setelah kasus dugaan penipuan dilaporkan ke Bareskrim Polri.

“Tim Polda Jatim memberi asistensi bersama Polresta melakukan rangkaian penyelidikan dengan meminta keterangan korban, beberapa saksi, dan juga berupaya memeriksa tersangka,”katanya.

Kenzo sempat dipanggil sebanyak 2 kali oleh penyidik, akan tetapi dia tidak kooperatif sehingga Proses penyelidikan dilanjutkan.

Panggilan pertama dilayangkan pada 28 November (2022), dia dijadwalkan diperiksa akan tetapi tidak hadir. “Lalu 2 januari 2023, panggilan kedua tapi tetap tidak dihadiri oleh Wahyu Kenzo,” kata Budi Hermanto.

Hingga akhirnya pada Sabtu 4 Maret 2023 polisi melaksanakan pengamanan terhadap Wahyu Kenzo. Sehari kemudian, polisi melakukan penahanan.@ (gs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.