Spirit Universitas Ciputra Peduli Membangun Kemampuan Digital Pelaku UMKM

_Kepedulian membangun kemampuan digital pelaku UMKM ini tidak hanya dalam tataran wacana akan tetapi musti dalam bentuk pendampingan yang nyata, intensif dan terarah

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

SURABAYA (SurabayaPostNews) – Bentuk kepedulian Universitas Ciputra Entrepreneurship Centre (UCEC) terhadap UMKM maka UCEC bersinergi dengan Centre for Strategic and International Studies (CSIS) serta Dinas Koperasi dan Perdagangan Pemerintah Kota Surabaya mengagas kegiatan yang melibatkan UMKM.

Aria Ganna Henryanto selaku koordinator studi UC memaparkan, Dalam sebuah situasi dengan perubahan yang sangat cepat ini, kami tidak bisa tinggal diam maka perlu membersamai pelaku UMKM dalam kerangka membangun kemampuan digital pelaku UMKM.

“Hal ini tidak hanya dalam tataran wacana akan tetapi musti dalam bentuk pendampingan yang nyata, intensif dan terarah,” imbuhnya.

Aria berujar bahwa negara telah banyak berhutang budi kepada UMKM. Ketika krisis 1998 para pelaku UMKM tangguh menghadapi krisis moneter sehingga perekonomian Indonesia ada yang menopang. UMKM pulalah yang mampu cukup signifikan menciptakan lapangan kerja ketika banyak perusahaan besar terkontraksi. Oleh karena itu acara ini spesial kami persembahkan kepada para penggiat UMKM sebagai bentuk apresiasi sekaligus kepedulian UCEC dari kemungkinan terdisrupsi perkembangan pesat teknologi.

Tidak kurang dari 50 UMKM yang meliputi Surabaya Utara, Selatan, Tengah, Timur dan Barat yang menjadi binaan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Pemerintah Kota Surabaya.

Ada dua agenda utama dalam acara Universitas Ciputra Entrepreneurship Centre (UCEC) Peduli UMKM #series_1 ini, yaitu: yang pertama, maka tim UCEC menghadirkan Dr. Metta Padmalia sebagai pakar digital marketing dan Yuli Kartika Dewi, PhD (candidate) sebagai ahli di bidang digital business menyajikan talkshow terkait strategi pengembangan UMKM melalui digitalisasi sekaligus membangun kesadaran bahwa kemampuan digital dan kelincahan stratejik perlu diikhtiarkan secara terus menerus mengikuti perkembangan zaman agar UMKM lebih berdaya saing.

Sedangkan yang kedua adalah sesi mendengar, menyerap sekaligus memetakan permasalahan yang dihadapi oleh UMKM dalam konteks peningkatan kemampuan digital. Harapannya, informasi kualitatif ini mampu menjadi referensi untuk kemudian dirumuskan program riil bagi kemampuan digital dan kelincahan strategik UMKM agar lebih berdaya saing. Agenda ini diselenggarakan hari ini, 13.00 – 15.30 WIB bertempat di Hotel 88 Surabaya.

Dari kegiatan ini, Ibu Agust Nurdiana, A.Md dari UMKM Dina Collection yang menghasilkan produk ecoprinting merasakan acara UCEC Peduli UMKM ini cukup bermanfaat karena mendapatkan wawasan yang relevan untuk bisnisnya dalam upaya memperluas pemasaran dan meningkatkan brand awareness.

” berharap ada follow up untuk pelatihan yang lebih teknis dalam mengadopsi beberapa platform digital,” Katanya.

Dengan jeli disampaikan juga oleh Ibu Hj. Nurul Fadhilah, SH, M.Kn dalam kapasitasnya Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro Dinkopdag Pemkot Surabaya menyoroti ada 3 permasalahan yang perlu dicarikan solusinya secara gotong royong seluruh stakeholders yaitu terkait pemasaran, permodalan dan peningkatan sumber daya manusia.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.