Universitas Ciputra Manfaatkan Limbah Padat Perusahaan di Sulap jadi Produk Fashionable

Memanfaatkan material sisa produksi atau limbah padat sisa produksi menjadi produk aksesoris yang memiliki nilai komersial tinggi sehingga tidak memerlukan biaya yg tinggi dalam pembuatan produk dan mengurangi limbah padat perusahaan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

SURABAYA (SurabayaPostNews) – Berhasil mendapatkan hibah matching fund kedaireka tim pengusung Universitas Ciputra yang diketuai oleh Yoanita Tahalele B.A, M.A. bersama Tim yang terdiri dari dosen dan mahasiswa  School of Creative Industry, Rabu (30/11/2022) menggelar soft launching center baru yaitu *Center of Sustainability (CoS). Launching ini dilaksanakan di Dian Auditorium UC jam 7.30-09.00 WIB.

Yoanita memaparkan kegiatan yang akan menjadi fokus di center ini adalah :
– Memberikan konsultasi dan solusi design dan bisnis yang bersifat sustainable baik untuk kepentingan universitas, mahasiwa, perusahaan dan pemerintah
– Melakukan penelitian dan pelatihan mengenai sustainability di bidang industri kreatif
– Menjual produk-produk hasil olahan limbah padat sisa produksi dan produk-produk sustainable lain nya di bidang industri kreatif.

Menurut Yoanita, untuk mendapatkan hibah ini dia bersama tim menitik beratkan program diantaranya adalah;
– Memanfaatkan material sisa produksi atau limbah padat sisa produksi menjadi produk aksesoris yang memiliki nilai komersial tinggi sehingga tidak memerlukan biaya yg tinggi dalam pembuatan produk dan mengurangi limbah padat perusahaan
– Mempunyai program yg melibatkan Pemerintah, Universitas, Mahasiswa & partner Perusahaan
– Membantu mahasiswa berpikir kritis dan dapat menciptakan design yg kreatif, inovoatif, sustainable dan bernilai komersial tinggi
– Membantu perusahaan menyelesailan masalah mereka dalam mengurangi dan memanfaatkan limbah padat sisa produksi.

“Soft launching Center of Sustainability ini diawali dengan seminar dengan narasumber alumni yang sudah yang saat ini sudah berkiprah dalam membuat brand sustainable dari kulit jagung dan sudah sempat menang dalam ajang Lomba fashion desain nasional”, tutur Yoanita.

Yoanita berharap, bahwa dengan CoS ini maka kedepan bisa melakukan pelatihan-pelatihan kepada para pengerajin UMKM dan perusahaan mengenai pemanfaatan limbah padat sisa produksi.

“Center ini akan langsung diresmikan oleh Prof. Jenny Lukito Setiawan selaku Wakil Rektor 3 UC, Dr. Astrid selaku Dekan School of Creative Industry, dan saya selaku tim pengusul dan kepala center. Sesegera mungkin kami akan mulai melakukan pelatihan bagi UMKM sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat,” pungkas Yoanita.

Senada dengan Yoanita, Dr. Astrid selalu Dekan dari School of Creative industry juga nyampaikan harapannya agar secara strategi dapat menjadi badan penggerak konsep2 sustainability, menjadi mitra industri dan pemerintah yg baik pada level jawa timur khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.