Analisis Drone Emprit: Perbandingan Percakapan Capres Anies, Prabowo, dan Ganjar Pasca-Debat

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

SurabayaPostNews — Ismail Fahmi, founder Drone Emprit menggunakan kata kunci untuk menganalisis percakapan terkait ketiga calon presiden.

Analisis cepat debat capres menunjukkan volume percakapan terbanyak untuk Anies (48k), Prabowo (40k), dan Ganjar (21k).

“Share of voices didominasi oleh Anies (44%), Prabowo (36%), dan Ganjar (20%),” Ujar Ismail Fahmi dalam akun X yang ia unggah, Kamis (13/12)

Analisis sentimen menunjukkan Anies dan Ganjar mendapat sentimen positif 64%, sementara Prabowo hanya 48%, hal ini menunjukkan sentimen negatif tertinggi ada pada pasangan Prabowo-Gibran mencapai (41%).

Peta SNA menunjukkan empat klaster besar: Pro Anies, Pro Prabowo, Pro Ganjar, dan Netral. Klaster Netral, yang terbesar, menunjukkan sentimen negatif terhadap Prabowo. Klaster Pro Anies mendominasi percakapan positif tentang Anies. Sedangkan Klaster Pro Ganjar lebih banyak membahas Prabowo. Klaster Pro Prabowo memiliki ukuran paling kecil dengan sedikit akun besar.

Ismail Fahmi juga memantau Top influencer Anies meliputi akun seperti @Mdy_Asmara1701 dan @Afutami.

Top influencer Prabowo termasuk akun seperti @Mdy_Asmara1701 dan @PartaiSocmed. Sedangkan Top influencer Ganjar mencakup akun seperti @Afutami dan @erasmus70.

Data ini berasal dari Ismail Fahmi, pendiri Drone Emprit, dan memberikan gambaran tentang dominasi percakapan di media sosial terkait debat capres.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.