Haji Isam Diagendakan Diperiksa KPK

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

JAKARTA (SurabayaPostNews) — Pemilik Jhonlin Group Andi Syamsuddin Arsyad alias Haji Isam dan Pengendali PT Bank Pan Indonesia (Bank Panin) Mu’min Ali Gunawan, bakal segera diperiksa KPK, terkait kasus suap pengurusan pajak di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kemenkeu Tahun Anggaran 2016-2017.

Saat ini, baru anak buah Mu’min Ali, yaitu Veronika Lindawati (VL Petinggi PT Bank Pan Indonesia (Bank Panin) Veronika Lindawati (VL), yang sudah ditahan sejak Kamis (25/8/2022) kemarin.

“Untuk keperluan proses penyidikan, VL dan AS dilakukan upaya paksa penahanan oleh Tim Penyidik, selama 20 hari pertama terhitung sejak 25 Agustus 2022 sampai dengan 13 September 2022 di Rutan Polda Metro Jaya,” kata Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto dalam konferensi pers, Kamis (25/8/2022).

PT Jhonlin Baratama merupakan anak usaha dari PT Jhonlin Group milik Andi Syamsuddin Arsyad alias Haji Isam.

Pemeriksaan terhadap pemilik Jhonlin Group Andi Syamsuddin Arsyad alias Haji Isam dan Pengendali PT Bank Pan Indonesia (Bank Panin) Mu’min Ali Gunawan, sedang diagendakan.

Saat ini KPK dalami keterlibatan bos Panin dalam kasus suap pengurusan pajak. Sebelumnya, penyidik KPK menahan konsultan pajak PT Jhonlin Baratama, anak usaha Jhinlin Group, Agus Susetyo dan Mantan Petinggi Bank Panin Veronika Lindawati terkait kasus suap pajak.

“Ya nanti liat kebutuhan dalam proses persidangan dan perkara ini tentu itu jaksa nanti ya,” kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri di Gedung KPK, Kamis (25/8/2022).

Dalam fakta persidangan, nama Haji Isam dan Mu’min Ali, mencuat dalam sidang terbuka. Dalam Surat dakwaan Eks Pejabat Pajak Angin Prayitno Aji yang dibacakan jaksa KPK, menyebut Mu’min Ali memiliki orang kepercayaan bernama Veronika Lindawati. Lewat tangan Veronika pula, Bank Panin melobi pemeriksa pajak untuk menurunkan nilai kurang bayar pajak dari Rp926,2 miliar menjadi Rp303 miliar atau susut lebih dari Rp600 miliar.

Dalam sidang pemeriksaan saksi, nama Mu’min kembali mencuat. Mu’min Ali disebut-sebut mengutus petinggi Panin, Veronika Lindawati, untuk mengurus pengurangan nilai pajak Bank Panin.@ **

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.