Ibu & Anak Didakwa Jalankan Investasi Bodong

terdakwa yang masih punya hubungan Ibu dan anak ini menjanjikan bunga sebesar 11% hingga 13% tanpa dipotong PPN dari nilai investasi.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

SURABAYA – Komisaris PT.Berkat Bumi Citra (BBC), Lim Victory Halim dan Direktur Utama PT Bumi Citra Pratama (BCP), Annie Halim, jadi terdakwa kasus investasi bodong di ruang Sidang Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Selasa (15/2/22).

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Darwis menyatakan terdapat 6 korban dari bisnis investasi yang dijalankan kedua terdakwa. Modusnya, mereka menawarkan investasi Medium Term Note (MTN), dari PT PT.Berkat Bumi Citra.

“Untuk menyakinkan mereka juga memberikan brosur-brosur Profil Perusahaan serta Iklan jual beli Properti,”kata Darwis, Selasa.

Kerugian dari para korban dikatakan Darwis mencapai Rp. 13,2 Miliar.

Dugaan penipuan berkedok investasi ini dilakukan para terdakwa secara berkelanjutan, yakni sejak Mei 2015 sampai dengan bulan September 2016 di kantor Millenium Danatama Sekuritas (Millenium Group) jalan Mayjen Sungkono No.77 Surabaya.

“Melakukan perbuatan dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum,”kata Darwis.

kepada para Korban, terdakwa yang masih punya hubungan Ibu dan anak ini menjanjikan bunga sebesar 11% hingga 13% tanpa dipotong PPN dari nilai investasi.

Selain itu, perusahaan dipromosikan memiliki keuangan kuat, asset yang banyak dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Uang 13,2 Miliar yang diserahkan oleh para korban, ternyata dipergunakan terdakwa untuk membeli tanah di daerah Cikade, Serang Kabupaten Banten seluas 23.348 M2. Lahan kosong itu dibeli seharga Rp. 8,1 Miliar.

Darwis dalam perkara ini menjerat para terdakwa dengan dakwan pasal berlapis yakni pasal 378 KUHP tentang Penipuan, dan juga Pasal 46 ayat (1) Undang-Undang No. 10 Tahun 1998 tentang Perbankan.

Para terdakwa juga dijerat dengan dakwaan Pasal 3, Pasal 4 dan Pasal 5 Undang-Undang No. 8 tahun 2010, tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).@ *

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.