Ini Nama – Nama DPRD Batu Hasil Rapat Pleno Penghitungan Suara Kota Batu Pemilu 2024

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BATU (SurabayaPostNews) -Rapat pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara di tingkat Kota Batu Pemilu Tahun 2024 rampung.

Proses pleno rekapitulasi tersebut ,di gelar di Royal Orchid Garden Hotel & Condominium,pada Selasa (27/2/2024) malam melibatkan saksi masing-masing parpol,Bawaslu dan PPK.

Ketua KPU Kota Batu,Heru Purwanto mengatakan bahwa seluruh peserta yang hadir memastikan hasil penghitungan perolehan suara di tingkat Kota Batu dalam Pemilu Tahun 2024 menyetujui hasil perhitungan.

“Dalam pelaksanaanya rekap suara berlangsung mulai pukul 09.00 WIB hingga 20.00 WIB.Dimana satu persatu perolehan suara dari Pemilihan Presiden Wakil Presiden,
DPD, DPR RI,DPRD Provinsi,DPRD Kota Batu dibacakan mengacu rekapitulasi tingkat kecamatan,”papar Heru,Selasa (27/2/2024).

Ini papar dia,kendati dalam jalannya pleno banyak pertanyaan dan sanggahan terkait perbedaan DPT dan permasalahan lainnya.Menurut Heru semua pertanyaan dan sanggahan mampu dijawab KPU dan pihak saksi dari parpol,Bawaslu dan PPK telah menerima jawaban dari KPU Kota Batu.

“Proses rekapitulasi ini merupakan rangkaian hasil rekapitulasi yang telah dilaksanakan sebelumnya pada 16 Februari di tingkat kecamatan. Kemudian di tingkat kota hari ini (kemarin.red) untuk mengetahui apakah ada kekeliruan data untuk kemudian dikoreksi, dibetulkan dengan persetujuan para peserta,”ujarnya.

Ia mencontohkan beberapa kekeliruan yang ditemui seperti selisih data, misal ada beberapa data pemilih harusnya pemilih perempuan diinput laki-laki.Ada juga misalnya pemilih DPK namun tercatat DPTB.

“Permasalahan seperti ini yang menimbulkan administrasi tidak klop. Untuk itu melalui rekap tingkat kota ini kami sinkronkan dan validasi kembali dan diselesaikan malam ini juga (kemarin.red).Kami mencatat rata-rata kesalahan di setiap Dapil atau Kecamatan ada 2 TPS,”tegasnya.

Lantas tegas dia,untuk hasil perhitungan Pilpres,suara untuk Paslon 1 : 20934, Paslon 2 : 95688 dan Paslon 3 : 28610. Dari total 164.516 DPT di Kota Batu yang terbagi atas laki-laki : 81.743 dan perempuan : 82.773.

Kemudian untuk pengguna dalam DPTB laki-laki : 897, perempuan : 963 dengan total : 1860 DPTB. Lanjut pengguna dalam DPK sejumlah 2.021 dengan laki-laki : 967 dan perempuan : 1.054.

Seperti diketahui,sementara untuk suara Pileg Kota Batu nampak Caleg dengan perolehan suara terbanyak,dan dipastikan duduk di kursi DPRD Kota Batu.

Untuk perolehan suara secara rinci, hingga pukul 21.00 WIB KPU Kota Batu masih menunggu input data. Sehingga grafis caleg terpilih mengacu dari https://pemilu2024.kpu.go.id/pilegdprd_kab/hitung-suara/dapil/35/3579.

Sekadar menginformasikan perolehan kursi DPRD Batu,Dapil Batu 1
Jumlah : 7 kursi.

1. PKB : Nurochman, Hasan Abdillah
2. Golkar : Didik Machmud
3. PAN : Katarina Dian
4. PDIP : Ganis Rumpoko
5. Gerindra : Arta Wijaya
6. PKS : Ady Sayoga

Dapil Batu 2, Jumlah : 7 kursi.
1. PKB :  M Didik Subiyanto, Dewi Kartika
2. PDIP : Punjul Santoso
3. Golkar : Santi Levirika
4. Gerinda : Bambang Prahmono
5. PKS : Syaifudin
6. Nasdem : M Farhan

Dapil Batu 3 Bumiaji, Jumlah : 9 kursi

1. PDIP : Amira Gaida, Khamim Tohari
2. Gerindra : Heli Suyanto
3. PKB: Nur Ali
4. Demokrat : Wildan Bimantoro
5. PKS : Nurudin
6. PAN : H Rudi
7. Golkar :  Ilyas
8. Nasdem : Sujono Djonet

Dapil Batu 4 Junrejo, Jumlah : 7 kursi.

1. Gerindra : Agung Sugiyono
2. PDIP : Sampurno, Kukuk Kusbianto
3. PKS : Ludi Tanarto
4. PKS : Budi Riyanto
5. PKB : Sudiono
6. Golkar : Bambang Sumarto.(Gus)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.