Jokowi Sebut Peran Krusial Pesawat Hercules

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta — Presiden Joko Widodo hadir dalam acara penyerahan pesawat C-130J-30 Super Hercules A-1344 oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kepada Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Fadjar Prasetyo di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Rabu, 24 Januari 2024.

Dalam pernyataannya, Presiden Jokowi menekankan peran krusial pesawat Super Hercules dalam berbagai operasi militer dan nonmiliter. Dengan kemampuan angkut 120 prajurit dan muatan 20-an ton, serta kemampuan terbang hingga 11 jam nonstop, pesawat ini dianggap sangat sesuai untuk negara kepulauan seperti Indonesia.

Jokowi juga mengapresiasi kemampuan pesawat ini untuk lepas landas dan mendarat di landasan pacu pendek, sesuatu yang kritis untuk negara dengan infrastruktur bandara yang terbatas. Ini adalah pesawat keempat dari lima yang dipesan, menunjukkan upaya penguatan armada pesawat angkut TNI AU.

Selain itu, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga menyerahkan hasil refurbishment helikopter Fennec dan suku cadangnya kepada TNI AD, serta hasil refurbishment dan suku cadang kritis helikopter Panther AS 565 MBE kepada TNI AL.

Presiden mengakui peran penting helikopter-helikopter tersebut dalam mendukung kapal perang atau fregat TNI.@ *

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.