Kejaksaan Negeri Surabaya Musnahkan Barang Bukti Hasil Kejahatan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

SURABAYA (SurabayaPostNews) — Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya memusnahkan barang bukti (Barbuk) hasil kejahatan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap atau inkrah dalam proses hukum.

Pemusnahan itu dipimpin langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tanjung Perak Aji Kalbu beserta kasi Intelijen Putu Arya Wibisana dan Kasi Pidum Hamonangan Parulian Sidauruk. Selain itu, pemusnahan kita disaksikan oleh pihak Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Polrestabes Surabaya, Polres Pelabuhan Tanjung Perak dan BNN Kota Surabaya

“Barang bukti yang dimusnahkan hari ini adalah barang bukti yang perkaranya sudah Inkracht atau sudah berkekuatan hukum tetap,” Ungkap Putu Arya, Kamis (01/11).

Untuk Barang bukti perkara narkotika jenis sabu pemusnahan dilakukan dengan cara di blender, sedangkan untuk barbuk seperti pil koplo, ekstasi serta barbuk lainnya dimusnahkan dengan cara dibakar. Khusus untuk pemusnahan barbuk berupa handphone dan senjata tajam dilakukan dengan cara di gerenda.

Sedangkan untuk barang bukti ganja kering, lanjut Putu Arya, yang dimusnahkan sebanyak 927,1 gram.

“Sabu yang kita musnahkan hari ini sebanyak kurang lebih hampir 4 kilogram. Itu dari 310 perkara periode bulan Januari hingga Oktober 2022,” terang Putu Arya.

Kemudian pil ekstasi sebanyak 13 butir, Pil Double L sebanyak 8074 butir dan obat keras berlogo Y sebanyak 714 butir.

Kasat Narkoba Polrestabes Surabaya, AKBP Daniel Marunduri dan Panitera Muda (Panmud) Pidana PN Surabaya, Slamet Suyono memperoleh giliran pertama melakukan pemusnahan barbuk. Keduanya memusnahkan barbuk sabu dengan cara di blender.

Sedangkan Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak, AKP Arif Ryzal Wicaksana terlihat memusnahkan barang bukti senjata tajam dan handphone dengan cara di gerenda.

Selanjutnya, mereka melakukan pemusnahan barbuk perkara tindak pidana lainnya dengan cara dibakar. Diantaranya, barbuk pil double L, obat keras, kartu remi dan rekapan togel@ **

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.