Kemitraan MENN Teknologi Indonesia Tbk & Kukbo Co untuk Mengubah Permainan Logistik di Indonesia

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

JAKARTA — PT MENN Teknologi Indonesia Tbk (IDX: MENN) telah menjalin kerja sama strategis dengan perusahaan logistik terkemuka asal Korea Selatan, Kukbo Co., Ltd. Kolaborasi ini bertujuan untuk menghadirkan solusi teknologi informasi yang inovatif di sektor logistik dan maritim di Indonesia.

Menurut Direktur Operasional MENN, Edrick Pramana, kemitraan ini juga akan mengincar proyek pengembangan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

“Kerjasama antara MENN dan Kukbo mencakup penyediaan solusi teknologi informasi untuk sektor logistik darat dan maritim, serta pengembangan perangkat lunak logistik dan sistem logistik cerdas di India. Kami berharap kerja sama ini dapat berkontribusi dalam mengurangi biaya logistik di Indonesia,” ungkap Edrick.

Biaya logistik yang ada di Indonesia telah mencapai 14,29 persen dari Product Domestic Bruto (PDB), yang di bawah target pemerintah sebesar 15 persen. Dalam upaya meningkatkan efisiensi, pemerintah menargetkan mengurangi biaya logistik menjadi 8 persen dari PDB pada tahun 2045.

Edrick juga menjelaskan bahwa MENN telah mencatatkan kinerja keuangan yang positif sepanjang kuartal ketiga tahun 2023. Pendapatan perusahaan tumbuh sebanyak 42 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, sementara laba bersih meningkat sebesar 35 persen.

“Kami berhasil menjaga tingkat Debt Equity Ratio (DER) dan mengalami pertumbuhan aset yang signifikan, mencapai 43 miliar, sementara liabilitas menurun,” katanya.

Peningkatan kinerja keuangan ini sejalan dengan perbaikan kondisi perekonomian Indonesia. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,17 persen (YoY) pada kuartal kedua 2023, yang menandakan peningkatan dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.