Mantapkan Persiapan Bimtek KPPS, KPU Kota Batu Gelar Training Of Trainers 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BATU (SurabayaPostNews) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu gelar Training of Trainers (TOT) kepada PPP dan PPS se-Kota Batu, di Hotel Samara,Batu, Selasa (,23/1/2024).

Itu dilakukan untuk matangkan persiapan Bimbingan Teknis (Bimtek) sejumlah 4.277 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Kota Batu,yang akan dilantik pada Kamis,Januari,2024.

Selain pelantikan,Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 24 desa/kelurahan akan memberi bimtek,terkait pelaksanaan tugas KPPS di TPS pada hari pemungutan suara.

Menurut Ketua KPU, Heru Joko Purwanto,kegiatan TOT ini merupakan  ajang persiapan dan internalisasi pemahaman kepada seluruh badan ad-hoc.

“Pagi ini,KPU Kota Batu melaksanakan TOT.Dalam hal ini,anda nanti dituntut sudah harus bisa menyampaikannya hasil TOT kepada KPPS,”kata Heru.

Ini, kata dia,bimtek yang bakal dilakukan PPS pada 25 Januari tidak mungkin bisa menuntaskan internalisasi pemahaman kepada KPPS. Maka dari itu, perlu strategi pendalaman materi melalui forum yang berkelanjutan.

“Nanti,silakan diformulasikan strategi internalisasi,karena tidak mungkin dalam satu hari selesai.Kita akan lanjutkan dengan pendalaman
-pendalaman, nggak usah banyak-banyak, dikelompokkan melalui PPS. Itu salah satu formulasinya,” ungkapnya.

Olehkarena itu,anggota KPU Divisi Sosdiklih,Parmas,dan SDM,Marlina berpesan agar setiap anggota PPK dan PPS menjaga integritas masing-masing demi terhindar dari pelanggaran kode etik sebagai penyelenggara pemilu.

“Dalam hal persiapan ini,teman-teman khususnya PPS harus memahami tata kerja KPPS,”pesan dia.

Kegiatan TOT ini,disebutkan dibagi empat sesi materi.Materi pertama, penyampaian modul pelatihan pengantar, harapan,dan komitmen belajar.

“Materi dua,Tata Kerja,Kode Etik,dan Kode Perilaku. Materi tiga,Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara.
Yang ke empat, Evaluasi dan Rencana Tindak Lanjut,” tutupnya.(Gus)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.