MasyaAllah…! Si-jago Merah Kembali Murka Melahap Sejumlah Stan Relokasi Pasar Batu 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BATU (SurabayaPostNews) – Lagi “Si-jago Merah” kembali murka melahap sejumlah stand di tempat penampungan sementara relokasi Pasar Batu yang berada di Jalan Sultan Agung, Kecamatan Batu,Kota Batu, Kamis (15/6/2023) pagi.

Kebakaran yang belum diketahui penyebabnya tersebut diketahui telah melalap tujuh stand. Praktis peristiwa tersebut menimbulkan kekuatiran sejumlah pengendara yang melintas, dan dan panik masyarakat yang tinggal di dekat relokasi pasar yang dimaksud.

Menurut Agung Sudibyo (40) salah seorang saksi mata pengendara motor yang melintas saat peristiwa terjadi, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 06.00 WIB.

“Pagi tadi saya lewat sudah terlihat asap hitam membumbung tinggi, setelah saya telusuri ternyata dari dalam pasar relokasi ini, diperkirakan sekitar pukul 06.00 WIB,” kata Agung.

Ditambahkan penjelasan saksi mata lain Rohana (35), menyebut peristiwa kebakaran ini,sudah kali kedua terjadi
di pasar.

“Ini sudah dua kali tejadi.Sebulan lalu pernah terjadi waktu malam hari sejumlah kios pedagang juga luluh lantak dilalap api,” terangnya.

Sementara, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) dan Penyelamatan Kota Batu (Kadis DisDamkarMat) Supriyanto menyampaikan, jika kebakaran yang terjadi dugaan sementara berdasarkan hasil investigasi disebabkan dari kelebihan beban listrik.

“Kemungkinan juga dari instalasi listriknya itu ternyata banyak yang mengelupas akibat digigiti tikus kabelnya.Jadi yang terbakar pertama di stan atau bedak unggas, kemudian merembet ke stan pakan ternaknya. Setelah itu merembet lagi ke bedak ikan hias, total tujuh stan yang ikut terbakar dengan tiga pemilik,” papar Supriyanto.

Ini, papar dia, kebakaran terjadi di perkirakan pukul 06.00 WIB,dan api berhasil dipadamkan pada pukul 08.
40 WIB.

“Peristiwa kebakaran sekitar pukul 06.00 WIB,itu berdasarkan laporan dari masyarakat yang menghubungi kami, jika terjadi kebakaran di relokasi pasar Batu,” lanjutnya.

Berkaitan dengan kebakaran yang dimaksud, pihaknya menerjunkan armada sejumlah dua unit mobil suplay, satu unit rescue, empat unit gajah dan satu unit truk untuk memadamkan api.

“Kami mengerahkan juga beberapa personil dari PMK dengan dibantu BPBD, Satpol PP, UPT pasar, Dishub, warga sekitar pasar relokasi beserta para relawan untuk memadamkan api. Alhamdulilah, api berhasil kami padamkan dengan cepat dan beruntung tidak ada korban jiwa,” terang dia.

Dalam penanganannya,lanjutnya  pihaknya masih melibatkan beberapa personil yang bertugas.

“Regu Jaya, regu Brama (lepas piket), regu Yudha (siaga), Kabid penanggulangan kebakaran, Kabid pemadam kebakaran dan penyelamatan dan sarana prasarana, dan Kasi pemadam kebakaran,” tandasnya.

Olehkarena itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat, agar selalu mengecek setiap saat kabel-kabel listrik yang sudah usang atau mengelupas untuk segera diperbaiki, agar tidak terjadi percikan yang berpotensi mengakibatkan kebakaran.

“Selalu mengecek setiap saat, karena listrik itu bermanfaat bagi kita tapi kalau kita salah dalam hal penanganannya,maka akibatnya bisa fatal terjadi kebakaran,” ucapnya.

Jadi, ucap dia, sama dengan kebakaran yang terjadi kali pertama, diarena itu juga diakibatkan pemanas air yang kelupaan tidak dicabut, hingga pada akhirnya mengakibatkan konsleting listrik yang memicu terjadinya kebakaran.

Sekadar diinformasikan,berikut nama – namun orang pemilik stan yang terbakar tersebut. Lilik Setyowati Jalan Diran no.36 RT 04 RW 01, Hartono Jalan Lahor no.334 RT 04 RW 13 Desa Pesanggrahan, dan Aji Yuwono Jalan Bromo Gang IV RT 01 Raw 11 Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu,
Kota Batu.

Terjadinya peristiwa ini, diperkirakan total kerugian sekira Rp. 300 juta.(Gus)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.