Mengharukan, Mahasiswa UC Berikan Kebahagiaan Bagi Oma Opa dengan Mengadakan Sesi Foto

bahwa Opa dan oma yang berjumlah 150 orang ini sebelumnya dibantu berdandan mulai dari make up sampai penggunaan baju dan asesoris

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

SURABAYA (SurabayaPostNews) – Sejumlah 40 orang mahasiswa Program Studi Visual Communication Design (VCD) Universitas Ciputra Surabaya dari semester 2-6 berkegiatan bersama Opa Oma lanjut usia di Panti Lanjut Usia St. Yosef Jalan Jelidro Surabaya, Minggu (26/2/2023).

Kegiatan yang bertajuk *VCD Berbagi Semangat* didedikasikan untuk memberikan kebahagiaan bagi Oma Opa dengan mengadakan sesi foto sampai mencetaknya.

Putu Wardhani, S.P. pendamping kegiatan mahasiswa VCD ini menjelaskan, bahwa Opa dan oma yang berjumlah 150 orang ini sebelumnya dibantu berdandan mulai dari make up sampai penggunaan baju dan asesoris.

“Sebelum berfoto, Oma dan Opa kita make up terlebih dahulu. Kebetulan ada beberapa mahasiswa VCD yang punya ketrampilan sebagai Make Up Artis (MUA). Dibedaki, diberikan make up tipis-tipis sehingga wajah Oma Opa terlihat lebih segar,” terang Putu.

“Setelah itu mahasiswa juga memilihkan baju yang sesuai dan dipadukan dengan asesoris yang sesuai seperti bandana, topi, kacamata. Kami foto menggunakan peralatan foto layaknya studio foto supaya hasilnya baik,” imbuh Putu.

Acara semakin meriah karena sembari menunggu waktunya dididandani dan di foto, mahasiswa mengadakan acara yang menghibur Oma Opa dengan bermain musik dan bernyanyi lagu-lagu tempo dulu.

”Selama acara berlangsung terdengar gelak tawa, nyanyian bahkan tarian dari Opa dan Oma. Opa Andy menyanyikan lagu-lagu daerah yang diikuti oleh teman-temannya membuat suasana semakin menyenangkan. Mahasiswa juga ada yang berperan sebagai pendengar kisah dari Oma Opa yang dengan antusias bercerita. Namanya orang tua, pasti suka banget didengarkan ceritanya”, tutur Putu.

Putu berharap bahwa dengan kegiatan ini bisa berbagi kebahagiaan untuk Opa dan Oma dengan salah satu Bidang Desain Komunikasi Visual yakni Fotografi. Foto-foto tersebut harapannya dapat di pajang di kamar opa oma bisa dijadikan kenang kenangan. Untuk Mahasiswa Putu berharap kegiatan ini bisa semakin menumbuhkan rasa sayang dan menghormati orang tua.

Proses foto 150 orang Oma Opa tidak menemukan kendala karena Opa-oma sangat kooperatif dalam mengikuti tiap prosesnya dari mulai dandan sampai sesi foto. Devica mahasiswa yang bertugas sebagai MUA menuturkan waktu di dandani ada beberapa oma dengan kondisi yang perlu kita “sesuaikan” sehingga menjadi pengalaman yang berkesan pula baginya.

Suster Agnes salah salah satu petugas di Panti Lanjut Usia mengaku sangat senang dengan kegiatan ini.

“Sebenarnya sudah ada foto opa oma yang terpajang di ruang depan, namun itu sudah lama sekali terakhir tahun 2017 sehingga sudah usang dan banyak yang sudah berpulang serta yang baru datang. Sehingga perlu Foto-foto yang terbaru dan baik. Selain itu menjadi penyemangat buat satu sama lain antar sahabat dan teman penghuni Panti. Senang sekalia dengan kegiatan ini, “ terang Suster Agnes.

Salah satu perwakilan Oma Opa menyampaikan perasaan senang mengikuti kegiatan ini.

“Senang melihat teman-teman mahasiswa, berasa melihat cucu. Seneng hari ini tidak bosan dan tidak sepi,” tutur Opa Andy.

 

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.