Penuh Euforia, SMP Al Muslim Jawa Timur Gelar Opening Ceremony

Al Muslim Exhibition (AME) 2K24 : “Tumbuhkan Kreasi, Wujudkan Prestasi”

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Sidoarjo — SMP Al Muslim Jawa Timur kembali adakan kegiatan rutin tahunan, yakni Al Muslim Junior High School Exhibition (AME) 2K24 dengan tajuk “Tumbuhkan Kreasi, Wujudkan Prestasi”.

Dalam pelaksanaannya, AME 2K24 akan dilangsungkan kurang lebih selama sepekan dan terbagi menjadi 7 (tujuh) perlombaan, yakni Tari Kreasi Manuk Dadali, Renang, Lukis, Olimpiade Matematika dan IPAS (Olimpas), Da’i dan Da’iyah, Story Telling, dan Futsal. Rangkaian kegiatan AME 2K24 akan dimeriahkan oleh siswa-siswi SD/sederajat se-Kabupaten Sidoarjo dan Kota Surabaya.

Opening Ceremony AME 2K24 dilaksanakan tepat pada hari Sabtu, 27 Januari 2024 dengan menghadirkan sejumlah tamu undangan, antara lain Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Sidoarjo, Ketua Umum KONI Kab. Sidoarjo, Ketua Asosiasi Futsal Kab. Sidoarjo, dan Ketua Umum Akuatik Indonesia Kab. Sidoarjo. Selain itu,hadir pula internal Yayasan Al Muslim Jawa Timur yang meliputi Pembina Yayasan, Ketua, Sekretaris, Kepala Bidang Pendidikan, Kepala Bidang Non-Pendidikan, Kepala Pusat Sumber Belajar, Hubungan Masyarakat, Kepala Sumber Daya Manusia, Psikolog, Koordinator Tilawati, Kepala Sekolah Setiap Unit, dan Perwakilan Badan Pendukung Kegiatan Sekolah (BPKS) beserta jajarannya.

Selain perlombaan, AME 2K24 juga merupakan implementasi pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan mengadakan tampilan dan pameran gelar karya siswa. Hal ini sesuai dengan sambutan Ibu Ika Sriyaningsih, S.Pd. selaku Kepala SMP Al Muslim bahwa, Kegiatan AME tahun ini merupakan kegiatan tahunan yang sedikit lebih berwarna dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi anak-anak untuk menunjukkan bakatnya, baik melalui ekstrakurikuler maupun projek kokurikuler yang bertemakan ‘Bhinneka Tunggal Ika’”.ujarnya.

Sejalan dengan pernyataan tersebut, Ahmad Fahrizal Rahman, S.T., M.Pd. Sekretaris Yayasan Al Muslim Jawa Timur menyebutkan, Kegiatan AME ini sebagai sarana belajar bagi siswa SMP melalui pelaksanaan projek sekaligus sebagai wadah bagi para peserta lomba AME 2K24 untuk mengembangkan minat dan bakatnya.

Tak hanya itu, ia juga berharap bahwa kegiatan AME 2K24 ini mampu menumbuhkan bibit-bibit siswa berprestasi yang menjadi kebanggaan di Kabupaten Sidoarjo dan sekitarnya.

“Kita perlu bangga karena SMP Al Muslim ini termasuk dalam Sekolah Penggerak Angkatan 1 di Kab. Sidoarjo bahkan di Indonesia. Dalam pelaksanaan kurikulum merdeka, kegiatan belajar mengajar (KBM) tidak hanya berfokus pada pembelajaran di kelas saja, melainkan juga melalui projek kokurikuler. Apa yang kita saksikan hari ini adalah output dari pelaksanaan projek 5P tersebut. Kolaborasi, kerja sama, komunikasi yang baik, dan didukung dengan dukungan antara guru dan orang tua sangat berperan penting dalam pelaksanaan proyek tersebut,” ungkap Dr. Netti Lastiningsih, M.Pd. Kepala Bidang Mutu Pendidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Sidoarjo.

Salah satu penampilan siswa SMP Al Muslim Jatim saat Opening Ceremony AME 2K24 (27/1)

Adapun tampilan yang dibawakan oleh siswa SMP Al Muslim antara lain Drama Garuda Wisnu Kencana (Prov. Bali), Tari Papat Pibui (Suku Dayak Kalimantan), Tari Saman (Prov. Nanggroe Aceh Darussalam), Fashion Show diiringi Tari Sajojo (Papua), Tari Humbelo (Papua), Drama Lagolo (NTB), Tari Kipas (Sulawesi Selatan), Karawitan Tembang Perahu Layar, dan tampilan Spelmus Band.

Salah satu penampilan peserta lomba Tari Kreasi Manuk Dadali

Setelah acara pembukaan selesai, kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan lomba Tari Kreasi Manuk Dadali dengan total peserta sebanyak 19 tim.

Perlu diketahui pula bahwa pada tahun ini, gelaran AME 2K24 diikuti oleh kurang lebih 600 siswa SD se-Kab. Sidoarjo dan Kota Surabaya. Kegiatan AME 2K24 diharapkan dapat berjalan dengan baik hingga sepekan kedepan, tentunya dengan dukungan dan support dari berbagai pihak@ (Azra Sasabilla)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.