Profesionalitas Jadi Fokus: 105 Advokat Resmi Dilantik di Surabaya

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

SURABAYA (SurabayaPostNews) — Pengadilan Tinggi Jatim menyelenggarakan sidang terbuka pengambilan sumpah atau janji Advokat pada Rabu (29/11/2023). Sebanyak 105 peserta calon Advokat dari 10 organisasi Advokat berpartisipasi dalam upacara tersebut.

Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Jatim, Asnahwati S.H., M.H, dalam sambutannya, mengingatkan para calon Advokat sebagai penegak hukum untuk bekerja secara profesional dan tidak melanggar hukum. “Kalau dilanggar, konsekuensinya harus ditanggung sendiri,” kata Asnahwati.

Dalam kesempatan yang sama, Advokat Rahadi Sri Wahyu Jatmika, SH, MH, selaku Ketua Umum Organisasi Advokat Pembela Umum Indonesia (PUMI) sekaligus panitia penyelenggara, menyatakan bahwa pihaknya telah melaksanakan pelantikan sumpah Advokat bagi 105 calon Advokat dari 10 organisasi Advokat.

“Para Advokat yang dilantik ini sudah melalui berbagai tes pendidikan Advokat. Dan mereka nantinya sudah bisa langsung beracara mendampingi masyarakat untuk mencari keadilan, karena sudah diakui dan memiliki legalitas,” ujar Rahadi.

Dalam pelantikan tersebut, Rahadi menjelaskan bahwa hadir juga organisasi Advokat yang menganut kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. “Dalam agenda ini, ada yang unik. Karena ada organisasi pertama kalinya Advokat yang menganut kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,” tambah Rahadi.

Menutup pembicaraannya, Rahadi memberikan pesan kepada para peserta Advokat yang sudah disumpah agar menjalankan profesinya sebagai penegak hukum yang profesional dan mengedepankan para pencari keadilan. “Harapan kami para Advokat yang sudah dilantik ini menjalankan profesinya dengan jujur dan mengedepankan para pencari keadilan,” pungkasnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.