Rakor Masa Tenang,KPU Batu Bakal Sapu Bersih Seluruh APK Di Kota Batu 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BATU (SurabayaPostNews) – Ketua KPU Kota Batu,Heru Joko Purnomo menegaskan pada masa tenang sudah tidak ada kampanye berbentuk apapun.

Hal ini disampaikan Heru pada  saat Rapat Kordinasi (Rakor) memasuki hari tenang pelaksanaan tahapan Pemilu 2024, yang dihelat di Hall Nawangsari Hotel Purnama, Kota Batu, Sabtu (10/2/2024).

Seperti diketahui,kampanye Pemilu 2024 berlangsung selama 75 hari sejak 28 November 2023 berakhir hingga 10 Februari 2024, memasuki masa tenang pada 11 hingga 13 Februari 2024.

“Dalam rapat ini koordinasi dengan pihak terkait, bahwa Alat Peraga Kampanye (APK) atau bahan kampanye yang telah dipasang dan disebarkan tidak adalagi,” kata Heru,Sabtu (10/2/2024).

Jadi kata dia semua APK harus sudah diturunkan dan dibersihkan semuanya, makanya  dilaksanakan  rapat koordinasi, agar semuanya dapat memahami aturan-aturannya karena batas waktu pada pukul 23.59 WIB.

“Makanya kita menandai, dan akan mencabut seluruh APK yang ada di seluruh Kota Batu.KPU Kota Batu sendiri akan mencabut APK dibeberapa titik yang ada di 3 titik di 3 kecamatan.Selain itu, kepada partai politik dan Bawaslu sudah memberitahu sekaligus juga mengimbau dengan Satpol PP dan  peserta partai politik,”ujarnya.

Itu ujar dia,agar semuanya memahami, dan membersihkan Kota Batu seperti sediakala,dan penertiban APK harus dilakukan oleh peserta Pemilu itu sendiri.

“Nantinya Bawaslu atau KPU akan memberikan himbauan untuk bersama membersihkan APK yang dimaksud, ketika tidak ada inisiatif peserta Pemilu, dalam hal ini Bawaslu sebagai pihak pengawasan bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk melakukan pembersihan terhadap APK yang ada,” ungkapnya.

Lantas ungkap dia,akan memberikan sanksi administrasi kepada Partai Politik (Parpol) yang masih nekat tidak mencopot atau membersihkan APK yang dimaksud.

“Kita sudah bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam hal ini Satpol PP Pemkot Batu dan Bawaslu Kota Batu,jadi kalau masih belum mencopot ya terpaksa kami sendiri yang bertindak sekaligus memberikan sanksi secara administrasi,” lanjutnya.

Ia katakan bahwa pihaknya telah mengajak, baik itu calon legislatif, calon perorangan ataupun tim pemenangan daerah Calon Presiden dan Wakil Presiden untuk menjaga kondisi di masa tenang ini.

“Dalam masa tenang ini, selain tidak ada kampanye kami mengharapkan untuk menjaga kondusifitas di Kota Batu, tujuannya agar Pemilu 2024 dapat berjalan dengan damai, aman dan lancar,”harap Heru.

Kembali pada APK,pihaknya akan  melakukan penyisiran di tingkat desa, kelurahan, kecamatan dan kota untuk menertibkan semua APK yang masih terpasang.

“Kami bersikap tegas terhadap keberadaan APK yang masih belum dibersihkan atau diturunkan, karena itu memang sudah menjadi peraturan bagi semua partai politik,dan KPU Kota Batu bertindak tegas terhadap APK yang diketahui masih terpasang,” tegas Heru.(Gus)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.