Satlantas Polres Batu, Berikan Pembinaan Kepada Pemohon SIM Terkait ETLE dan Mobile INCAR 

sosialisasi tentang ETLE-Mobile INCAR terus dilakukan oleh jajaran Satlantas Polres Batu, agar masyarakat terus disiplin dalam berlalu lintas

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BATU (SurabayaPostnews) – Satlantas Polres Batu melakukan pembinaan dan sosialisasi ETLE – Mobile INCAR kepada para pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM), Rabu (6/7/2022).

Hal ini dilakukan, setelah Polri menerapkan sistem tilang pelanggar lalu lintas menggunakan electronic law traffic enforcement atau (ETLE), termasuk inovasi dari Polda Jawa Timur (Jatim) terkait mobil Integrated Note Capture Attitude Record (INCAR).

Melalui mobil keliling ini, otomatis bisa merekam pelanggar serta bisa mendeteksi pengemudi yang tidak mempunyai SIM.

Inovasi tersebut, membuat Satlantas Polres Batu terus memberikan pembinaan dan penyuluhan tertib berlalu lintas sekaligus mensosialisasikan ETLE-Mobile INCAR kepada masyarakat pemohon SIM.

Kasat Lantas Polres Batu AKP. Indah Citra Fitriani mengatakan, sosialisasi tentang ETLE-Mobile INCAR terus dilakukan oleh jajaran Satlantas Polres Batu, agar masyarakat terus disiplin dalam berlalu lintas.

“Pembinaan dan penyuluhan ini dilakukan ke masyarakat pemohon SIM yang ada di ruang tunggu Satpas Polres Batu,” kata Indah, Rabu (6/7/2022) ketika dikonfirmasi.

Dalam operasi mobil INCAR, kata dia, mobil akan keliling di seluruh wilayah di Jalan Raya.

“Fungsinya merekam para pengendara yang melanggar lalu lintas, di antaranya tidak memakai helm, berboncengan lebih dari dua orang, maupun pelanggaran lainya,” tegasnya.

Melalui sistem INCAR, tegas dia, tidak ada lagi petugas yang melakukan penindakan secara konvensional di jalanan seperti menghentikan kendaraan pelanggar, dan menegur kesalahannya, lalu memberikan sanksi tilang berupa kertas surat.

“Bagi pelanggar yang tertangkap kamera ETLE Incar nanti akan dicatat dalam format elektronik tilang,” timpalnya (gus)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.